Peserta dari Berbagai Negara Bakal Ramaikan World Culture Forum

Peserta dari Berbagai Negara Bakal Ramaikan World Culture Forum
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan didampingi Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid saat konferensi pers di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (18/4). FOTO: Mesya Mohamad/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Diperkirakan 1500 orang dari berbagai negara di dunia akan ikut dalam World Culture Forum (WCF) 2016. WCF yang rencananya diselenggarakan di Bali pada 10-14 Oktober mendatang akan menempatkan Indonesia dalam ajang percakapan dunia.

“WCF adalah forum untuk merumuskan landasan ‎kebudayaan untuk membangun dunia yang lebih inklusif dan lestari. Dengan peserta dari beragam latar belakang dan dari berbagai penjuru dunia kami berharap WCF akan menjadi ajang pertukaran gagasan dan pengalaman antar sektor, antar wilayah, dan antar generasi,” beber Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dalam konpres di Kantor Kemendikbud, Senin (18/4).

Menurut Mendikbud, kebudayaan merupakan hulunya pembangunan. Ini sudah ditegaskan dalam berbagai konvensi dan dokumen UNESCO. Sayangnya, kata dia, dalam prakteknya kebudayaan masih sering dilihat sebagai pelengkap.

“Nah WCF 2016 ini akan membahas semua hal itu dan keluar dengan gagasan dan solusi konkrit. Dalam WCF pertama di 2013, sudah dibuat Bali Promise, sekarang waktunya membuat rencana aksi,” tuturnya.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, WCF 2016 akan berlangsung selama lima hari. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, forum yang sekarang memasukkan agenda kunjungan ke lapangan dan kesenian sebagai bagian integral dari forum.

“Kesenian di sini bukan dekorasi tapi cara ekspresi, begitu pula kunjungan ke lapangan bukan pengisi waktu senggang, tapi sebagai cara agar peserta bisa mengalami bersama apa yang dibicarakan,” ucap Dirjen Hilmar.(esy/jpnn)


JAKARTA – Diperkirakan 1500 orang dari berbagai negara di dunia akan ikut dalam World Culture Forum (WCF) 2016. WCF yang rencananya diselenggarakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News