Peserta SKB CPNS Diminta Cerita Pengalaman Berharga

Peserta SKB CPNS Diminta Cerita Pengalaman Berharga
Peserta Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 55 dari 59 pelamar CPNS yang dipanggil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengikuti rangkaian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Mereka bisa melaju ke SKB setelah dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kepala Biro SDM Umum Kemenpan-RB Edy Syah Putra mengungkapkan, pada hari pertama, peserta melakukan psikotes. Yang dilanjutkan dengan menuliskan pengalaman berharga yang pernah terjadi selama hidupnya.

“Sorenya, peserta diminta menceritakan pengalaman berharga tersebut," ujar Edy, Rabu (8/11).

Dia menambahkan, pengalaman yang ditulis itu juga akan dijadikan bahan wawancara oleh user. Wawancara itu rencananya akan dilakukan Kamis (9/11).

Kemudian, pada Jumat (10/11), peserta melaksanakan tes kompetensi bidang berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang diadakan di kantor BKN Pusat.

Berdasarkan PermenPAN-RB No. 20/2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017, SKD memiliki bobot 40 persen. Sedangkan bobot SKB adalah 60 persen. (esy/jpnn)


Pada hari pertama, peserta SKB CPNS menjalani psikotes. Yang dilanjutkan dengan menuliskan pengalaman berharga yang pernah terjadi selama hidupnya.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News