Pesimis Pemilu 2014 Bisa Membawa Perubahan

Pesimis Pemilu 2014 Bisa Membawa Perubahan
Pesimis Pemilu 2014 Bisa Membawa Perubahan

jpnn.com - JAKARTA — Organisasi non-parpol(ONP) menyatakan pesimis pemilu 2014 akan membuat keadaan bangsa Indonesia semakin lebih baik. Hal tersebut didasarkan situasi perpolitikan akhir-akhir ini  dan pengalaman 10 tahun terakhir terlebih setelah amandemen UUD yang dianggap sudah lebih liberal.

“Sekarang ini  semuanya lebih mengedepankan kepentingan pribadi dan kelompoknya dari pada kepentingan umum,”kata Presidium Masyarakat Musyawarah Mufakat(MTiga), Suryo Susilo kepada wartawan  ketika menjelaskan hasil Forum  Musyawarah Mufakat 1(FMM) yang berlangsung di Bandung  tanggal 30-31 Oktober lalu dalam keterangan persnya, Jumat (1/11)

FMM yang diikuti 0leh 25 organisasi non-parpol membahas berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa dan Negara serta tanggung jawab O NP dan wadah konstitusional untuk menyalurkan aspirasi mereka.

Suryo Susilo mengatakan dengan semangat kebersamaan dan kesetaraaan serta pengambilan keputusan secara musyawarah untuk mencapai mufakat, FMM 1 memutuskan ONP ikut bertanggungjawab terhadap kelangsungan  bangsa dan Negara Indonesia. Kedua, wadah konstitusional untuk menyalurkan aspirasi ONP adalah MPR RI yang berfungsi sebagai  pemegang kekuasaan tertinggi.

Ketua Umum Aliansi Nasionalis Indoensia (Anindo) Edwin Henawan Soekawati yang menjadi peserta FMM 1 menyatakan,  MPR  adalah lembaga tertinggi tetapi sudah  dikebiri menjadi lembaga tinggi biasa melalui amandemen. Akibatnya, ada komponen-komponen yang tidak terwakili lagi seperti masyarakat adat, wakil buruh,  wakil pengusaha, wakil professional yang tidak mengenal atau terlibat dalam politik praktis.

“Hal ini harus dikembalikan  sesuai pembukaan Pancasila, UUD 1945 tanggal 18 Agustus 1945,” tegas Edwin.

Dia menyatakan Pancasila   sekarang dengan  batang tubuhnya hasil amandemen  tahun 2002, dijiwai UUD RIS 1949 yang federalistis dan UUD 1950 yang parlementer dan liberal. “Ini jelas sudah mjenyimpang dari filosofis dasar yang dicanangkan oleh pendiri bangsa kita,”katanya.

FMM 1 juga membentuk badan pekerja yang merupakan perwakilan peserta FMM 1 dengan    beberapa tugas seperti merumuskan hasil FMM 1. (awa/jpnn)


Berita Selanjutnya:
PDIP Tak Akan Koalisi

JAKARTA — Organisasi non-parpol(ONP) menyatakan pesimis pemilu 2014 akan membuat keadaan bangsa Indonesia semakin lebih baik. Hal tersebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News