Petani Jangan Mengeluh Saja

Petani Jangan Mengeluh Saja
Petani Jangan Mengeluh Saja
SLEMAN - Petani Indonesia masih dipusingkan persoalan rendahnya tingkat kesejahteraan. Hal itu terungkap ketika sejumlah petani bertemu Menteri BUMN Dahlan Iskan pada acara Farmers Go to Campus "Menggagas Strategi Kebijakan Pangan Menuju Kesejahteraan Petani" di Auditorium Fakultas Pertanian UGM, Sabtu (22/9).

Perwakilan berbagai kelompok tani di lima kabupaten/kota di DIJ membeberkan persoalan yang mereka hadapi ketika bertani. Mulai persoalan benih, lahan, pupuk, pengairan hingga pemasaran. Setelah mendengarkan berbagai keluhan petani itu, Dahlan menyarankan agar kelompok tani tidak hanya berkeluh kesah, tapi harus mulai berbuat dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

"Mengeluh bukan jalan keluar. Maka dari itu, jangan menggantungkan diri kepada orang lain yang menjanjikan ini itu," ujarnya.

Dahlan yakin, banyak jalan keluar yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan persoalan petani. Sebab, Dahlan juga menemukan para petani yang berhasil dengan usaha mandiri tanpa menggantungkan bantuan dari pemerintah.

SLEMAN - Petani Indonesia masih dipusingkan persoalan rendahnya tingkat kesejahteraan. Hal itu terungkap ketika sejumlah petani bertemu Menteri BUMN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News