Petani Milenial Malaysia Apresiasi Penyelenggara Penas di Padang

Petani Milenial Malaysia Apresiasi Penyelenggara Penas di Padang
Mentan Syahrul Yasin Limpo pada pembukaan Penas XVI di Kota Padang, Sumatera Barat. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Pekan Nasional (Penas) XVI yang diselenggarakan di Lanud Sutan Syahrir, Kota Padang, Sumatera Barat pada 10-15 Juni 2023 menjadi tonggak geliat petani-petani muda baru atau dikenal sebagai petani milenial terjun di sektor pertanian.

Salah satu agenda dalam Penas XVI Padang ialah Temu Petani Muda ASEAN, di mana para delegasi bertukar pengalaman dan melihat praktik pertanian yang ada di Indonesia.

Harapannya setelah kembali ke negaranya, para peserta dapat mengambil hal baik dalam pengelolaan pertanian khususnya oleh generasi muda.

Sarah, salah satu petani milenial asal Malaysia yang hadir mengapresiasi pertemuan Penas yang menghadirkan tidak hanya petani asal Indonesia, namun juga ASEAN dan negara mitra.

“Bersama-sama dengan kita ada negara ASEAN lain yang turut bergabung diperhelatan Penas di Indonesia. Bagi kita seorang agropreneur melalui penas kita mendapatkan informasi baru dan berbagi pengetahuan serta berbagi pendapat dari berbagi negara dari sisi teknologi, teknik pengolahan dan isu-isu perubahan iklim, dan langkah apa untuk mengantisipasinya,” ujar Sarah.

Melalui Penas ini dirinya dapat menimba ilmu, terutama soal pertanian yang memiliki teknologi tinggi, namun berbiaya rendah.

"Kami berterima kasih dapat ikut serta di Penas ini," ujar Sarah.

Temu Petani ASEAN Asean Dialogue Patners Exchange Farmer Visit 2023 adalah bagian dari kegiatan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Padang, Sumatera Barat. Pesertanya ialah petani milenial dari negara anggota ASEAN dan negara mitra (Jepang dan Amerika).

Penas XVI yang diselenggarakan di Kota Padang menjadi tonggak geliat petani-petani muda baru atau dikenal sebagai petani milenial terjun di sektor pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News