Petinggi Parpol Diminta Evaluasi Kadernya di DPR

Petinggi Parpol Diminta Evaluasi Kadernya di DPR
Petinggi Parpol Diminta Evaluasi Kadernya di DPR
JAKARTA - Direktur Eksekutif Pusat Kajian Informasi Strategis (Pakis), Rahmat Hidayat, meminta para elit partai politik (parpol) untuk melakukan evaluasi terhadap seluruh kadernya yang saat ini duduk sebagai anggota DPR dan DPRD di seluruh Indonesia.

"Masa jabatan keanggotaan DPR dan DPRD sudah menjalani masa tugas dua tahun. Dari sisi waktu, sudah pada saatnya DPP partai politik melakukan evaluasi kerja terhadap kadernya baik yang ada di DPR maupun DPRD," kata Rahmat Hidayat, di Jakarta, Minggu (22/2).

Evaluasi, kata Rahmat, ditujukan bukan untuk urusan pergantian antar-waktu (PAW), tapi harus difokuskan pada upaya untuk peningkatan kinerja setiap anggota dewan sesuai dengan tugas dan wewenangnya sebagai wakil rakyat. Kecuali terhadap beberapa kasuistik yang mengarah pada tindakan amoral dan merugikan negara, PAW wajib dilakukan.

Menurut Rahmat, lemahnya kinerja DPR dan DPRD tidak bisa sepenuhnya menjadi tanggung jawab institusi dewan. Partai politik yang merupakan wadah pengkaderan dan titik awal keberangkatan para wakil rakyat menuju parlemen sesungguhnya juga punya tanggung jawab moral yang sama.

JAKARTA - Direktur Eksekutif Pusat Kajian Informasi Strategis (Pakis), Rahmat Hidayat, meminta para elit partai politik (parpol) untuk melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News