Petraeus Yakin AS Menang di Afghanistan

Petraeus Yakin AS Menang di Afghanistan
BARU - Jenderal David Petraeus ketika berpidato dalam upacara serah terima jabatan di Kabul, Minggu (4/7). Foto: Sarosh/Xinhua/News.cn.
KABUL - Jenderal David Petraeus resmi menjadi panglima perang Amerika Serikat (AS) di Afghanistan kemarin (4/7). Dalam upacara resmi bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Negeri Paman Sam itu, jenderal berusia 57 tahun tersebut menegaskan tujuannya untuk memenangkan perang di Afghanistan.

"Kita berada di sini untuk menang," seru Petraeus yang menggantikan kepemimpinan Jenderal Stanley McChrystal tersebut, seperti dikutip Associated Press. Di hadapan sekitar 130.000 serdadu multinasional yang tergabung dalam NATO itu, mantan panglima perang Iraq tersebut menegaskan bahwa pertempuran yang sudah berlangsung sembilan tahun itu akan diakhiri dengan kemenangan AS.

Sebagai pemimpin tertinggi AS sekaligus NATO, dalam acara serah terima kepemimpinan di markas NATO kemarin, Petraeus menerima dua bendera. Masing-masing melambangkan AS dan NATO, pasukan yang berada di bawah komandonya. "Sebagai penerus McChrystal, saya tidak akan mengubah prioritas misi kita. Yakni, mengutamakan keselamatan warga Afghanistan," tandasnya.

Dalam waktu dekat, konon Petraeus akan menyempurnakan aturan pertempuran serdadu AS dan NATO dalam menghadapi militan. Salah satunya adalah aturan untuk tidak menggunakan senjata berat dan armada udara dalam pertempuran di permukiman. Dia tidak ingin melihat lebih banyak warga sipil mati konyol di tengah pertempuran pasukan multinasional dan militan Afghanistan.

KABUL - Jenderal David Petraeus resmi menjadi panglima perang Amerika Serikat (AS) di Afghanistan kemarin (4/7). Dalam upacara resmi bertepatan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News