PIALA DUNIA: Skuat Brasil Solid, Spanyol Selektif

PIALA DUNIA: Skuat Brasil Solid, Spanyol Selektif
Striker Brasil, Neymar. JPNN.com

SAO PAULO - Kontestan Piala Dunia Brasil 2014 telah mendaftarkan skuadnya dalam ajang yang dihelat pada 12 Juni-13 Juli nanti. Beberapa di antara bahkan sudah menentukan skuad final (23 pemain) ketimbang skuad bayangan (30 pemain). Dari nama-nama yang disetor, setidak ada sepuluh negara yang diprediksi memiliki mesin paling kuat di Brasil nanti.
 
Salah satunya, tentu saja, tuan rumah Brasil. Selecao " julukan Brasil -- menjadi negara yang paling diunggulkan untuk meraih titel juara dunia keenam. Modal juara Piala Konfederasi tahun lalu dengan menyisihkan tim-tim hebat seperti Italia, Uruguay, sampai juara bertahan Piala Dunia, Spanyol, di partai final adalah bukti ketangguhan Neymar dkk.
 
"Banyak energi yang mengalir kepada kami di Piala Dunia nanti," ujar Fred, striker Brasil, kepada Lancenet. "Dukungan masif dari semua suporter akan membuat kami semakin bergairah untuk mengamankan gelar ini," lanjut pemilik nama lengkap Frederico Chaves Guedes itu.  
 
Skuat besutan Luiz Felipe Scolari itu memang bertabur pemain bintang yang bersinar di level klub. Sebut saja trio Chelsea, Oscar, David Luiz, dan Ramires, lalu Neymar dan Dani Alves (keduanya dari Barcelona), Thiago Silva (Paris Saint-Germain), serta Marcelo di Real Madrid.
 
Selain Brasil, Spanyol juga tetap dipandang sebagai calon juara. Kekalahan dari Brasil di Piala Konfederasi membuat entrenador La Furia Roja " sebutan Spanyol " Vicente del Bosque " banyak berbenah. Del Bosque telah memberi sinyal tak akan lagi mengagungkan sepak bola tiki-taka dan lebih mengusung permainan efektif dan efisien.
 
Mayoritas muka lama seperti Iker Casillas, Xavi Hernandez, Andreas Iniesta, Sergio Ramos, Gerard Pique, masih menjadi pilihan. Hanya, untuk sektor penyerang, Del Bosque harus lebih selektif memilih striker yang pas. Di posisi itu, nama-nama yang akan bersaing untuk masuk skuad utama adalah David Villa, Diego Costa, Fernando Torres, Alvaro Negredo, dan Fernando Llorente.
 
Kekuatan Jerman juga tidak bisa dipandang sebelah mata dalam Piala Dunia nanti. Mayoritas pemain dari Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund masih dominan. Mereka akan ditopang Mesut Oezil, Per Mertesacker, Lukas Podolski (ketiganya Arsenal) dan striker veteran Miroslav Klose (Lazio).
 
Yang perlu dicatat, Bayern menjadi klub yang paling banyak menyumbang pemain di Piala Dunia nanti.  Total, ada 14 pemain dari klub berjuluk Die Roten yang akan berlaga di Brasil. Setelah Bayern, Chelsea dan Manchester United menyusul dengan 12 pemain.

Di sisi lain, dari daftar skuad kontestan Piala Dunai 2014, bek tengah Belgia Daniel van Buyten masih tercatat sebagai pemain tertua (36 tahun). Usianya sebenarnya sama dengan Klose, tapi Van Buyten lebih tua empat bulan.
 
Adapun pemain termuda adalah bek kiri Inggris Luke Shaw (18 tahun). Striker Kamerun, Fabrice Olinga, juga berusia 18 tahun. Hanya, selain lebih muda dua bulan, Shaw sudah terpilih dalam skuad 23 pemain dibandingkan Olinga yang masih skuad bayangan. (dik/dns)
    


SAO PAULO - Kontestan Piala Dunia Brasil 2014 telah mendaftarkan skuadnya dalam ajang yang dihelat pada 12 Juni-13 Juli nanti. Beberapa di antara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News