Piala Indonesia 2018: Ini Aturan Mainnya

Piala Indonesia 2018: Ini Aturan Mainnya
Suasana drawing Piala Indonesia 2018. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, BOGOR - Drawing Piala Indonesia 2018 sudah dilakukan Kamis (3/5). Sebanyak 128 tim yang bakal berkompetisi dalam 158 pertandingan dibagi ke dalam 16 zona yang dibagi berdasarkan letak geografisnya. Zona tersebut merupakan gabungan antara tim Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Sesuai janji Plt Ketua PSSI Joko Driyono sebelumnya, di Piala Indonesia 2018 kali ini tim Liga 3 akan jadi tuan rumahnya. Akan menjamu klub yang berada di kasta di atasnya.

Misalnya saja di dua pertandingan di laga pembuka pada 8 Mei mendatang, dua tim Liga 3 menjamu 2 tim Liga 1. Yakni antara tuan rumah Persibo Bojonegoro melawan Madura United dari zona 10 dan PSBK Blitar menjamu Arema FC dari zona 9.

Ketua OC Piala Indonesia 2018, Iwan Budianto mengatakan rata-rata tiap zona diisi 8 tim. Namun memang ada beberapa yang berjumlah 7 dan 9 tim. Untuk 7 tim, seperti zona 1, zona 13, dan zona 14 menunggu jawaban dari beberapa klub untuk menggenapinya menjadi 8.

’’Sedangkan yang 9 tim seperti zona 15 juga menunggu tambahan. Yang jelas pembagian sudah sangat maksimal dan saling menguntungkan,’’ jelasnya.

Nah, jika pembagian sesuai letak geografis, Persida Sidoarjo dan Deltras Sidoarjo paling dirugikan. Berada di zona 14, dua tim asal Kota Udang itu harus satu zona dengan tim-tim asal Kalimantan. Yakni Mittra Kukar , Borneo FC, Persiba Balikpapan, PSAD Balikpapan, dan Persekap Kapuas.

Iwan menjelaskan alasan Persida dan Deltras masuk zona 14. Menurutnya, dua tim itu tidak mungkin bergabung di zona Jawa Timur karena kapasitas maksimalnya 8 tim. Setelah digodok cukup lama, akhirnya pihaknya memutuskan kedua tim itu lebih mudah akses ke Kalimantan menggunakan pesawat.

’’Jadi kami putuskan masuk zona 14 ikut Kalimantan. Karena penerbangan ke sana banyak dan aksesnya mudah. Tidak mungkin kami paksakan ikut zona lain di Pulau Sumatera atau Papua,’’ paparnya.

Piala Indonesia 2018 diikuti 128 tim, dibagi dalam 16 zona berdasarkan letak geografis, tim Liga 3 akan jadi tuan rumahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News