Piala Presiden 2022: Persib Main di Kandang, Penonton Dilarang Hadir

Piala Presiden 2022: Persib Main di Kandang, Penonton Dilarang Hadir
Bonek saat memberikan dukungan ke Persebaya. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komite Disiplin dari Penitia Penyelenggara Piala Presiden 2022 telah mengumumkan sanksi yang diberikan ke Persib Bandung.

Sanksi itu diberikan setelah kasus meninggalnya dua bobotoh yang berdesak-desakan akibat membeludaknya penonton saat laga Persib vs Persebaya.

Ada beberapa poin sanksi yang diberikan oleh Komdis Piala Presiden.

Pertama, sanksi diberikan kepada Panpel Persib Bandung karena berdasarkan fakta dan pertimbangan hukum, Panpel Persib melanggar kode disiplin PSSI 2018, yakni adanya dua bobotoh yang meninggal.

Berdasarkan pasal 7 kode disiplin Piala Presiden 2022, jo pasal 73 Kode Disiplin Piala Presiden 2022, jo pasal 60 Statuta PSSI, jo pasal 22, jo pasal 68, jo pasal 69 ayat (1) dan ayat (3) Kode Disiplin PSSI tahun 2018, maka Komdis melarang Panpel Persib menggelar pertandingan di Stadion GBLA.

Hukuman lainnya, Persib sudah tidak mungkin mendapatkan dukungan Bobotoh dalam sisa pertandingan Piala Presiden, karena ada larangan itu untuk Panpel Persib. Mereka juga didenda Rp 50 juta.

Bukan itu saja, ada juga sanksi lainnya karena sebelumnya penonton sempat dengan menyorotkan sinar laser (warna hijau) ke arah kiper Persebaya saat akan menerima tendangan bebas. Persib pun kena sanksi denda Rp5 juta.

Persib juga dapat sanksi karena flare yang dinyalakan oleh penonton dalam jumlah yang banyak di area tribun utara, timur dan selatan serta terjadi penyalaan smoke bomb (warna asap hijau) oleh penonton di tribun utara bagian barat laut.

Buntut meninggalnya dua bobotoh di Stadion GBLA dalam laga Persib vs Persebaya, laga home Persib tak bisa dihadiri penonton

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News