Pidato Perdana, PM Jepang Fumio Kishida Langsung Tegas soal China

Pidato Perdana, PM Jepang Fumio Kishida Langsung Tegas soal China
Fumio Kishida, presiden Partai Demokrat Liberal (LDP), terpilih sebagai perdana menteri ke-100, melalui pemungutan suara parlemen pada sidang paripurna DPR yang diadakan di Gedung Diet Nasional, di Tokyo, Jepang, Senin (4/10/2021). Foto: ANTARA FOTO/Photo by Kazuki Oishi/Sipa USA/RWA/djo

jpnn.com, TOKYO - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida tidak mau berbasa-basi dalam berurusan dengan China. Dalam pidato perdananya di parlemen, Jumat (8/10), mantan menteri luar negeri itu memastikan pemerintahnya tidak akan lembek kepada negara di barat Jepang itu. 

Mengenai keamanan nasional dan urusan luar negeri, Kishida mengatakan dia akan melindungi perdamaian dan stabilitas Jepang.

"Dengan lingkungan keamanan di sekitar negara yang semakin keras, saya akan dengan tegas melindungi wilayah kita, perairan teritorial, ruang udara, dan kehidupan serta properti rakyat kita," kata dia kepada parlemen.

Jepang menghadapi ancaman pembangunan militer yang cepat dan ekspansi maritim agresif China. Negeri Matahari Terbit juga khawatir dengan program nuklir dan rudal Korea Utara.

Fumio Kishida mengatakan dia berencana untuk memperbarui strategi keamanan nasional dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjaga pantai dan pertahanan rudal.

Mengenai hubungan dengan China, Kishida mengatakan membangun hubungan yang stabil dan memelihara dialog itu penting, tetapi Jepang tidak akan berbasa-basi bila diperlukan.

"Saat bekerja dengan negara-negara di mana kita berbagi nilai-nilai universal, kita mengatakan apa yang perlu dikatakan kepada China dan menuntut dengan tegas agar China berperilaku secara bertanggung jawab. Kita juga menjaga dialog dan terus bekerja sama dengan mereka dalam mengatasi masalah bersama," kata dia.

China mengklaim hampir semua perairan kaya energi di Laut China Selatan, di mana negara itu telah mendirikan pos-pos militer di pulau-pulau buatan.

Ekspansi maritim agresif China jadi salah satu tantangan yang dihadapi PM Jepang Fumio Kishida

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News