Pilih Budi Gunawan Jadi Wakapolri, Mabes Polri Rahasiakan Pelantikan

Pilih Budi Gunawan Jadi Wakapolri, Mabes Polri Rahasiakan Pelantikan
Pilih Budi Gunawan Jadi Wakapolri, Mabes Polri Rahasiakan Pelantikan

jpnn.com - JAKARTA - Teka-teki tentang figur yang menjadi Wakapolri akhirnya terjawab. Pilihan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri untuk mengisi orang nomor 2 di kepolisian akhirnya jatuh kepada Komjen Budi Gunawan.

Dan ternyata, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti juga sudah melantik BG -inisial Budi Gunawan- sebagai Wakapolri. Pelantikan itu digelar di Rupatama Polri, sekitar kurang lebih pukul 14.00.

Hanya saja, pelantikan Wakapolri kali ini berlangsung tertutup. Berbeda dengan pelantikan Wakapolri sebelumnya seperti Badrodin Haiti, Nanan Soekarna, dan Oegroseno.

Wartawan yang telah menunggu sejak pagi terkecoh sehingga pelantikan BG sebagai Wakapolri luput dari pemberitaan. Bahkan kehadiran BG pun luput dari pantauan.

Yang jelas kepastian pelantikan sudah digelar itu disampaikan oleh Kadiv Humas Anton Charliyan kepada wartawan, Rabu (22/4) di depan Rupatama Mabes Polri. "Wakapolri kita Komjen Budi Gunawan. Begitu diumumkan langsung pelantikan di aula. Pelantikannya jam dua kurang," kata Anton.

Hanya saja Anton membantah anggapan bahwa pelantikan itu dirahasiakan. Ia berkelit bahwa Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) juga diundang dalam pelantikan itu.

"Bukan tertutup, tapi sederhana. Kalau tertutup saya tidak beri keterangan kepada rekan-rekan (media). Biar khidmat," ujarnya.

Pelantikan petinggi Polri yang berlangsung tertutup juga pernah terjadi Badrodin selaku pelaksana tugas (Plt) Kapolri melantik Budi Waseso sebagai Kabareskrim menggantikan Komjen Suhardi Alius. Namun, kata Anton, tidak aturan yang dilanggar dengan pelantikan secara tertutup.  "Yang penting mekanisme SOP (standard prosedur operasi) semua berlangsung," jelasnya.(boy/jpnn)


JAKARTA - Teka-teki tentang figur yang menjadi Wakapolri akhirnya terjawab. Pilihan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri untuk mengisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News