Pilih Perwira yang Pernah di Sumut

Pilih Perwira yang Pernah di Sumut
Pilih Perwira yang Pernah di Sumut
JAKARTA - Sehari setelah Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri bekerja, Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri memastikan pencopotan Kapolda Sumut Irjen Pol Nanan Sukarna dan Kapoltabes Medan Kombes Pol Anton Suhartono. Pencopotan akan dilakukan secepatnya. Kedua petinggi polisi Sumut dan Medan itu dinilai telah melakukan kelalaian tugas.

Muncul desakan agar pengganti Nanan adalah perwira polisi yang pernah bertugas di Sumut. Ini penting agar Kapolda yang baru tidak memerlukan waktu lama untuk mengenali karakter masyarakat Sumut.

 

Komjen (Purn) Togar Sianipar mengatakan, Kapolri sebaiknya memilih perwira yang pernah bertugas di wilayah Sumut. Tentunya, dipilih perwira yang selama bertugas di Sumut punya track record yang baik. "Yang pernah ngacau ya jangan dipilih. Daripada ditempatkan orang baru, dia harus mengenali dulu karakter masyarakat Sumut," ujar Togar Sianipar kepada JPNN di Jakarta, Jumat (6/2).

 

Kriteria umum yang harus dimiliki seorang Kapolda, lanjut Togar, dia harus punya jiwa kepemimpinan yang kuat, dan begitu ditempatkan di daerah baru bisa langsung menganalisa daerah operasi.

 

JAKARTA - Sehari setelah Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri bekerja, Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri memastikan pencopotan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News