Pilot Pingsan, Penumpang Kendalikan Pesawat

Pilot Pingsan, Penumpang Kendalikan Pesawat
Pilot Pingsan, Penumpang Kendalikan Pesawat

jpnn.com - SYDNEY - Seorang penumpang pesawat ringan Cessna 150 terpaksa mengambilalih kendali pilot. Pasalnya, sang pilot yang sudah berusia 61 tahun tiba-tiba pingsan saat menerbangkan pesawat baling-baling itu di wilayah barat New South Wales, Australlia, Sabtu (26/2).

Juru Bicara Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) mengatakan, pilot bersama dua penumpangnya terbang melintasi kawasan Forbes, tak lama setelah pukul 13.00 waktu setempat. Untungnya, pilot akhirnya siuman dan bisa mendaratkan pesawat dengan selamat.

"Pilot menjadi tak berdaya dan penumpang di dalam pesawat menjaga (kendali, red) untuk sementara waktu," katanya. "Kami belum tahu berapa lama (penumpang mengambilalih kendali pilopt, red)."

Sementara menurut polisi setempat, begitu pilot pingsan maka sang penumpang langsung menghubungi menara control yang memberinya instruksi untuk membawa pesawat mengelilingi Forbes Aerodrome dan membuang bahan bakar dalam rangka persiapan untuk pendaratan darurat. Namun, pilot akhirnya sadar dan mengambilalih lagi kendali pesawat sehingga bisa mendarat dengan selamat di landasan di mana layanan darurat sudah bersiap menunggu pendaratan.

Berdasarkan keterangan petugas paramedik dari NSW Ambulance, sang pilot menderita sakit dada. Selanjutnya, pilot uzur itu diterbangkan ke Orange Base Hospital guna mendapatkan perawatan. Dia diberitakan sudah dalam kondisi stabil.(theage/ara/jpnn)


SYDNEY - Seorang penumpang pesawat ringan Cessna 150 terpaksa mengambilalih kendali pilot. Pasalnya, sang pilot yang sudah berusia 61 tahun tiba-tiba


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News