Pilot Sibuk Selfie, Pesawat Terjatuh

Pilot Sibuk Selfie, Pesawat Terjatuh
Pilot Sibuk Selfie, Pesawat Terjatuh

jpnn.com - COLORADO - Narsis dengan berfoto selfie sah-sah saja, namun harus tahu batasnya. Jika tidak maka akan bernasib nahas seperti Amritpal Singh, 29. Pesawat Cessna 150 yang dikemudikannya pada 31 Mei tahun lalu terjatuh. 

Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) Selasa (3/2) mengungkapkan bahwa kemungkinan besar pesawat ini terjatuh gara-gara konsentrasi Singh terganggu saat dia berfoto selfie. Pilot yang berpengalaman terbang selama 726 jam ini dan seorang penumpang  lainnya Jatinder Singh, 31, akhirnya tewas.
     
“Flash pada kamera (HP milik Singh) diaktifkan dan menerangi area kokpit. Sangat mungkin penggunaan kamera telepon seluler selama penerbangan ini mengalihkan perhatian pilot dan menyebabkan dia mengalami disorientasi sesaat dan kehilangan kontrol pesawat,” tulis laporan NTSB tersebut. 

Tim penyelidik di NTSB tidak menemukan kerusakan apapun pada pesawat yang kemungkinan berkontribusi terhadap kecelakaan tersebut. Jadi bisa dibilang jatuhnya pesawat ini murni akibat kelalaian si pilot.  
      
NTSB mengungkapkan bahwa  kesimpulan ini dibuat setelah mereka menemukan kamera video GoPro diantara reruntuhan pesawat. Kamera ini dalam kondisi bagus. Di dalam memori kamera tersebut ditemukan video yang menunjukkan Singh selfie dengan menggunakan handphone miliknya saat ketinggian pesawat cukup rendah. 

Pesawat nahas ini akhirnya terjatuh di ladang di dekat Kota Watkins, Colorado.  Pesawat ini terjatuh hanya beberapa mill dari Bandara Front Range tempat mereka tinggal landas. (CNN/LA Times/sha)


COLORADO - Narsis dengan berfoto selfie sah-sah saja, namun harus tahu batasnya. Jika tidak maka akan bernasib nahas seperti Amritpal Singh, 29.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News