Pilpres 2024: Puan Kalah Besar jika Gandeng Moeldoko

Rabu, 31 Maret 2021 – 11:45 WIB
Pilpres 2024: Puan Kalah Besar jika Gandeng Moeldoko - JPNN.com
Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Zainul Abidin Sukrin menilai, politikus PDI Perjuangan Puan Maharani sulit menang jika maju sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Zainul mengatakan, Puan bahkan akan semakin sulit menang apabila nantinya berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demoktrat versi kongres luar biasa (KLB) Deli Serdang, Moeldoko.

Zainul mengemukakan pandangannya menyusul munculnya meme tentang pasangan capres-cawapres Puan-Moeldoko, di media sosial beberapa waktu lalu.

"Kalau berbicara kemungkinan, Puan dan Moeldoko sangat mungkin untuk bisa berpasangan, tetapi untuk memenangkan Pilpres, antara Puan dan Moeldoko harus berkerja sangat ekstra untuk menang," ujar Zainul kepada JPNN.com, Rabu (31/3).

Menurut Direktur Eksekutif Politika Institute ini, sejarah menunjukkan dari pelaksanaan Pilpres 2004 hingga 2019, calon presiden yang cenderung menang adalah menteri dan kepala daerah.

"Kami memprediksi pada pilpres 2024 panggungnya menteri Jokowi-Ma'ruf Amin dan kepala daerah. Puan bukan merupakan bagian dari kabinet Jokowi, sulit menang pilpres 2024," katanya.

Zainul kemudian memaparkan beberapa alasan lainnya, termasuk dari aspek kultur politik di Indonesia.

Perempuan cenderung masih sulit diterima oleh masyarakat untuk berada di wilayah publik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...