PKB Bantah Setgab Lawan Demokrasi

PKB Bantah Setgab Lawan Demokrasi
PKB Bantah Setgab Lawan Demokrasi
JAKARTA - Anggapan Ketua MPR bahwa pembentukan sekretariat gabungan (setgab) melawan demokrasi, mendapat bantahan dari internal setgab. Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Jakfar menilai, tidak ada satupun ketentuan pasal yang dilanggar atas pembentukan setgab. "Pak TK (Taufik Kiemas) itu salah memahami setgab," kata Marwan dalam diskusi refleksi akhir tahun 2010 FPKB di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (29/12).

Menurut Marwan, setgab adalah sebuah kreasi politik di pemerintahan. Pembentukan setgab itu juga memiliki sisi positif. Sebab, sebuah kebijakan strategis bisa dikomunikasikan dalam forum koalisi. "Setgab itu jembatan untuk melahirkan kebijakan strategis," sebut Marwan.

Menurut dia, seluruh perdebatan yang dilakukan di setgab dibahas dalam proses yang terbuka. Tidak ada perdebatan yang bersifat tertutup, yang tidak memungkinkan bagi publik untuk mengakses. "Contoh saja, pembahasan pimpinan KPK. Kita butuh tiga kali pertemuan untuk menentukan Busyro, pembahasan kita tidak silence (sembunyi-sembunyi, red)," ujarnya. Meskipun, dalam pembahasan di DPR, ada sejumlah fraksi yang justru berpendapat berbeda di luar keputusan setgab.

Dalam posisinya itu, kata Marwan, setgab tidak memiliki pertentangan dengan landasan negara apapun. Sebab, tidak ada satupun pasal yang ditabrak oleh setgab dalam hal tugas dan fungsinya saat ini. Dalam hal ini, kreasi politik bisa dilakukan dalam bentuk apapun, sepanjang tidak bertentangan dengan konstitusi. "Kalau mau, diuji saja di MK. Biar rame," kata Marwan.

JAKARTA - Anggapan Ketua MPR bahwa pembentukan sekretariat gabungan (setgab) melawan demokrasi, mendapat bantahan dari internal setgab. Ketua Fraksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News