PKB Beri Panggung buat Pendiri Siaga Air Bersih Indonesia

PKB Beri Panggung buat Pendiri Siaga Air Bersih Indonesia
Pendiri Siaga Air Bersih (SIAB) Indonesia Ratih Rachmatika. Foto: Tim PKB

jpnn.com - JAKARTA - Pendiri Siaga Air Bersih (SIAB) Indonesia Ratih Rachmatika mengungkapkan masalah air di banyak kota Indonesia harus segera dicari solusinya.

Pengelolaan air bersih tak hanya berdampak baik dalam upaya mengatasi krisis iklim, tetapi juga untuk kesejahteraan dan pemenuhan hak warga.

Pemimpin start-up yang bergerak di bidang sistem manajemen air berbasis internet of things (IoT) itu yakin bahwa tekonologi bisa berjalan beriring dengan kemajuan dan pemenuhan hak warga.

“Membangun start-up bukan melulu urusan bisnis. Harus bisa memberikan dampak sosial untuk kehidupan manusia yang lebih baik," kata perempuan 23 tahun lulusan Fakultas Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tersebut.

Ratih menyayangkan masih minimnya ruang dan kesempatan bagi para inovator muda Indonesia. Wadah untuk kolaborasi, panggung inspirasi, dan dukungan belum maksimal untuk memfasilitasi kemajuan teknologi di Indonesia.

"Sekadar ruang untuk bersuara dan berkolaborasi itu sangat membantu para inovator mengimplementasikan dampak sosial yang baik, lebih luas lagi," tutur Ratih.

Menurutnya partai politik harus lekas menyadari ruang besar yang dimiliki untuk membantu para inovator.

“Ini pertama kali untuk saya. Diundang partai politik, diberi ruang dan menyampakan ide kepada publik," kata Ratih dalam acara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Panggung Inspirator Muda Saatnya Beraksi.

PKB memberikan ruang dan dukungan bagi inovator muda menyampaikan gagasan mengatasi krisis lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News