PKB Kalahkan PDIP

PKB Kalahkan PDIP
PKB Kalahkan PDIP

jpnn.com - PURWOKERTO - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ternyata tidak memerahkan seluruh Banyumas. Memasuki hari kedua rekapitulasi hasil Pemilu di tingkat KPU, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil mengungguli perolehan suara PDI P di Daerah Pemilihan (Dapil) II Banyumas yang meliputi Kecamatan Cilongok, Purwojati, Karanglewas, dan Kedungbanteng.

Dari total suara sementara yang masih diinput KPU Banyumas, PKB berhasil mendapat 40,06 persen dari total suara masuk di Dapil 2. Jumlah itu jauh diatas perolehan PDIP yang hanya memperoleh suara 20,29 persen.

Namun demikian, secara keseluruhan PDIP masih menjadi pemeroleh suara terbanyak dengan 34,00 persen suara. Perolehan itu diikuti partai lain seperti Partai Golkar (13,27), Partai Gerindra (8,58), dan PAN (7,88).

Anggota KPU Banyumas, Ikhda Aniroh mengatakan, proses input masih sekitar 4 persen dari total suara yang ada. Untuk lembar C1 yang masuk, lanjutnya, sudah masuk ke KPU Banyumas sekitar 96 persen dari 3.244 TPS yang ada di Banyumas. "Suara yang diinput baru sekitar 34 ribu suara yang meliputi semua Dapil di Banyumas, kecuali Dapil 3," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Banyumas, Aan Rohaeni mengatakan terkait proses input data suara, KPU tidak menargetkan kapan selesainya. Pasalnya, input yang dilakukan KPU bukan merupakan hasil yang nantinya digunakan. "Ini hanya proses input data dari C1 yang masuk dari TPS," jelasnya.

Dikatakan Aan, untuk lembar C1 yang sudah discan di tingkat KPU sudah mencapai 600 lembar. "Untuk proses scanning memang lebih cepat, namun untuk input data memang harus melalui proses yang rumit. Paling tidak satu TPS memakan waktu sekitar setengah jam," jelasnya.

Aan menambahkan, untuk proses rekapitulasi di tingkat KPU sendiri baru akan dimulai tanggal 19-22 April mendatang. (bay/acd)

 


PURWOKERTO - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ternyata tidak memerahkan seluruh Banyumas. Memasuki hari kedua rekapitulasi hasil Pemilu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News