PKB Nilai Kinerja Jokowi-JK Positif, Gebrakan Harus Dilanjutkan

PKB Nilai Kinerja Jokowi-JK Positif, Gebrakan Harus Dilanjutkan
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PKB mencatat ada pencapaian positif yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan wakilnya, Jusuf Kalla selama dua tahun usianya.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan menyebut, salah satunya gebrakan suap dan pungutan liar yang mendapat perhatian serius Jokowi beberapa waktu lalu.

"Ini harus dilanjutkan dengan konsisten di lapangan sampai persoalan pungli tidak menjadi budaya dan tidak berhenti hanya di media," ujarnya di Jakarta, Selasa (18/10) seperti dilaporkan wartawan JawaPos.com.

Selain itu, di bidang kedaulatan pangan, kata Daniel cukup membawa kemajuan. Hal ini juga perlu dilanjutkan melalui kemandirian pangan di tingkat provinsi. Sehingga, masing-masing provinsi bisa memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari secara mandiri tanpa harus bergantung dari provinsi lain.

"Bahkan dana desa harus dimanfaatkan membentuk bumdes bulog mandiri sehingga kedaulatan pangan menjadi tangguh sampai di tingkat desa," saran wakil ketua komisi IV DPR itu.

Kendati demikian, Daniel tetap memberikan kritik terhadap hal-hal yang belum terealisasi baik. Misalnya poros maritim yang dirasa semakin mundur dari harapan.

Kata dia, setelah pemberantasan ilegal fishing berjalan cukup baik, tapi kekuatan perikanan nasional pun dilemahkan bahkan menuju kehancuran yang semakin terpuruk.

Jadi menurutnya, bila ada yang kurang dari pemerintahan Jokowi, maka kegagalan terbesarnya adalah dunia perikanan dan kelautan yang terpuruk.

JAKARTA - PKB mencatat ada pencapaian positif yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan wakilnya, Jusuf Kalla selama dua tahun usianya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News