PKS Akan Tetap Dukung Prabowo, Meski Gerindra Berkhianat

PKS Akan Tetap Dukung Prabowo, Meski Gerindra Berkhianat
Habib Salim Al Jufri, Prabowo Subianto, Sohibul Iman dan Ahmad Muzani salat berjemaah. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi tetap akan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden, meski Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu tidak berpasangan dengan Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri di Pilpres 2019.

Pengamat politik Adi Prayitno mengutarakan pandangannya, menyikapi perkembangan politik yang mengemuka dalam beberapa waktu terakhir.

"PKS semangatnya ganti presiden 2019, bukan yang lain. Jadi, saya yakin PKS akan tetap mendukung Prabowo, sekalipun 'dikhianati' Gerindra," ujar Adi kepada JPNN, Selasa (7/8).

Saat ditanya, apakah ada kemungkinan PKS malah berbalik mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019, pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta ini menilai, peluangnya sangat kecil.

"Lha, kan PKS sudah terlanjur kampanye ingin ganti presiden. Tentu bakal menjadi blunder politik jika menarik kembali apa yang sekian lama mereka kampanye-kan," ucapnya.

Alasan lain, cara berpolitik PKS, kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini, juga masih terkesan hitam putih dan belum se-cair partai lain. Karena itu, sulit membayangkan partai berlambang bulan sabit kembar dan padi itu mengubah haluan politiknya.

"Kalau mau berpikir taktis dan rasional, memang baiknya PKS mendukung Jokowi. Karena kemungkinan menangnya besar. Tapi cara berpolitik PKS sepertinya masih hitam putih," pungkas Adi. (gir/jpnn)


Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi tetap akan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News