PKS DKI Merasa Punya Visi yang Sama dengan PDIP

PKS DKI Merasa Punya Visi yang Sama dengan PDIP
PKS DKI Merasa Punya Visi yang Sama dengan PDIP

jpnn.com - JAKARTA - Koalisi antara PDI Perjuangan dengan PKS belum pernah terjadi di pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Namun sejarah bisa saja tercipta dalam pemilihan gubernur kali ini.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo mengatakan, pihaknya membuka pintu koalisi bagi semua partai. Tidak terkecuali PDIP yang merupakan partai pemenang pemilu legislatif di Jakarta tahun 2014 silam. "Kami juga sudah bersilaturahim dengan teman-teman di PDIP," ujar dia, Minggu (15/5).

Syakir mengaku bertemu dengan Ketua DPD PDIP DKI (nonaktif) Boy Sadikin beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu mereka membahas mengenai pilkada dan visi pembangunan Jakarta ke depan. "Dari pembicaraan banyak kesamaan visi," kata dia.

Sementara itu, Pengamat Politik Siti Zuhro mengatakan, koalisi PDIP dan PKS sangat memungkinkan. Pasalnya, politik pilkada DKI sangat dinamis dan mencair. 

Menurut dia, PDIP memang belum menentukan arah untuk berkoalisi dengan PKS. Tetapi sangat memungkinkan untuk dilakukan penjajakan. “Kalau melihat dinamika, tidak ada hal absolut atau tidak mungkin,” ujar dia.

Seperti diketahui, PKS sudah hampir dipastikan berkoalisi dengan Gerindra pada Pilkada DKI 2017 mendatang. Duo yang selalu kompak baik di tingkat nasional maupun daerah tersebut menginisiasi barisan antiGubernur Basuki T Purnama. (wok/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News