PKS Dukung Jokowi Tambah Anggaran Partai Politik

PKS Dukung Jokowi Tambah Anggaran Partai Politik
Fahri Hamzah. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaikan anggaran bantuan bagi partai politik.

Alasannya untuk menghilangkan korupsi karena dengan cara itu maka sumber keuangan parpol menjadi jelas.

"Saya dukung Jokowi jika mau menghilangkan korupsi maka keuangan partai politik harus dikendalikan. Ada tiga terkait hal ini. Di Eropa Barat pembiayaan partai politik ditanggung pemerintah. Kedua, Amerika, dimana sumbangan swasta tidak dibatasi tapi kontrol diperkuat melalui pemeriksaan BPK. Ketiga seperti di Jepang dan Kanada, diambil dari instrumen negara seperti pajak dan cukai,” kata Fahri Hamzah, di sela-sela acara buka puasa bersama Fraksi PKS di Jakarta, Kamis (25/6).

Selama ini lanjutnya, pembiayaan parpol di Indonesia tidak diatur tegas. Kini saatnya Indonesia perlu mengambil ketegasan.

”Karena tidak bisa parpol tidak diatur sumber pemasukannya. Kalau betul pemasukkan dari swasta, maka jangan lagi orang yang bertransaksi dengan parpol dianggap nista dan koruptor,” tegas politikus PKS ini. (fas/jpnn)

 


JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaikan anggaran bantuan bagi partai politik. Alasannya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News