PKT Gelar Bimtek Bagi 25 UMKM Binaan Untuk Fasilitasi Pengurusan Sertifikat Halal

PKT Gelar Bimtek Bagi 25 UMKM Binaan Untuk Fasilitasi Pengurusan Sertifikat Halal
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggelar bimbingan teknis sertifikasi halal bagi 25 pelaku UMKM binaan di Kota Bontang. Foto dok PKT

jpnn.com, BONTANG - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggelar bimbingan teknis sertifikasi halal bagi 25 pelaku UMKM binaan di Kota Bontang.

Bimtek bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Kaltim, Kamis (14/7).

SVP Umum PKT Ardi Arto Mulyo menjelaskan bimbingan teknis ini merupakan pembekalan awal bagi pelaku UMKM binaan, yang akan difasilitasi pengurusan sertifikat halal produk, sehingga ke depan bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dengan jaminan kualitas yang terstandarisasi halal sesuai rekomendasi MUI.

Hal ini bagian dari pembinaan PKT bagi pelaku UMKM di Kota Bontang, agar sektor usaha binaan makin berkembang seiring meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan.

"Setelah bimtek ini, UMKM binaan akan diusulkan dan difasilitasi PKT untuk pengurusan sertifikasi halal ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama sesuai rekomendasi MUI," kata Ardi.

Bimbingan teknis ini juga wujud dukungan PKT terhadap percepatan target 10 juta sertifikat halal bagi produk UMKM di Indonesia, sesuai amanat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Melalui bimtek ini, UMKM binaan juga dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi untuk mengembangkan produk sehat dan halal, sehingga mampu membuka peluang pasar dengan konsumen yang jauh lebih besar.

"Dari kegiatan ini, UMKM binaan dapat memahami alur dan persyaratan yang dibutuhkan untuk pengurusan sertifikat halal produk, sehingga bisa segera diusulkan," lanjut Ardi.

Melalui bimtek PKT ini, UMKM binaan juga dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi untuk mengembangkan produk sehat dan halal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News