Planet Haji Umrah Jamin Jual Barang Asli

Jadi Destinasi Wisata Religi Jakarta

Planet Haji Umrah Jamin Jual Barang Asli
Kesenian pencak silat Betawi ditampilkan saat launching Planet Haji dan Umrah di Thamrin City, Jakarta Pusat, Jumat (3/6). FOTO: Boy Mohamad/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Planet Haji Umrah (PHU) di lantai 3A, Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat, menjamin akan menjual barang-barang asli. Termasuk air zam-zam serta perlengkapan haji dan umrah. Kawasan ini bisa dijadikan wisata religi.

Koordinator Komunitas Pedagang PHU Teguh Imam Perdana mengatakan di kawasan ini bisa diperoleh kebutuhan haji dan umrah lengkap. Bahkan, travel bisa mengurus visa dan masyarakat memperoleh air zam-zam asli.

“Dijamin asli, karena ada alat pengujinya,” ujar Teguh saat launching “Komunitas Planet Haji Umrah, sebagai Destinasi Wisata Religi Jakarta", Jumat (3/6) di Thamrin City, Jakarta.

HU menjual berbagai macam perlengkapan haji dan umrah. Masyarakat Indonesia tidak perlu repot-repot membeli di luar negeri. Dengan membeli di dalam negeri, maka perputaran uang akan lebih banyak. Masyarakat dari luar negeri yang ingin berbelanja juga mudah. Ada money changer yang disiapkan. PHU tidak hanya disiapkan sebagai tempat belanja religi saja. Namun, PHU juga menyiapkan tempat manasik umrah dan haji.

“Jadi, benar-benar lengkap. Setelah manasik, bisa langsung berburu perlengkapan oleh-oleh haji dan umrah," ungkap Teguh.

Teguh yakin, jika pemerintah dan segenap elemen pariwisata nasional maupun Jakarta bergerak, maka ibukota bisa identik dengan wisata religi yang menarik banyak turis dalam dan luar negeri. “Ini bisa meningkatkan jumlah perjalanan wisata dalam negeri," kata Teguh.

Wakil Ketua Komisi X DPR Fikri Faqih mengatakan, untuk menjadi destinasi wisata religi diperlukan kesiapan sumber daya manusia. Misalnya, kemampuan berbahasa asing maupun daerah oleh pedagang. Sebab, para pedagang akan melayani tamu dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk mancanegara seperti Malaysia, Singapura maupun Thailand.

“Haji dan umrah selain ibadah, ada aspek travel.  Selain nilai ibadah, juga bawa oleh-oleh. Sekarang bisa membeli oleh-oleh di dalam negeri," kata Fikri dalam sambutannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News