Tje Popong Akan Blak-blakan, Menristekdikti Siap Ya

Tje Popong Akan Blak-blakan, Menristekdikti Siap Ya
Menristekdikti, Muhammad Nasir. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Anggota Komisi X DPR Popong Otje Djundjunan menyarankan sebelum mengganti para rektor perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia dengan warga negara asing (WNA), akan lebih baik Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) diganti terlebih dahulu dengan orang asing.

“Selasa, 7 Juni 2016, Komisi X akan rapat dengan Menristekdikti. Kalau benar menterinya itu bilang rektor PTN diganti dengan orang asing, saya akan sarankan menteri itu terlebih diganti dengan menteri warga negara asing,” kata Tje Popong, saat dihubungi wartawan, Jumat (3/6).

Sikap blak-blakan tersebut, lanjutnya, akan dia lakukan karena dirinya sama sekali tidak punya kepentingan.

“Saya akan blak-blakan, karena tak ada kepentingan, tidak ingin jadi rektor, tidak ingin jadi menteri, hanya ingin jadi wakil rakyat yang baik," tegasnya.

Menurut politikus Partai Golkar ini, problem mendasar kepemimpinan di Indonesia adalah salah menempatkan orang.

“Padahal, setiap orang, kalau menempati tempat yang tepat, pasti sukses. Kalau menempati tempat yang sesuai dengan kemampuannya, yang sesuai dengan bakatnya, pembawaannya, pasti akan jadi sesuatu," tegasnya.

Tje Popong justru mempertanyakan, apakah memang presiden memberi tanggungjawab kepada Menristekdikti yang bicara ganti rektor ini sudah sesuai dengan keahliannya dan menteri yang menugaskan rektor di PTN sekarang cocok dengan bakatnya.

“Untuk menjawabnya butuh penelitian dan survei. Apakah memang rektor-rektor yang ditempatkan oleh menteri itu memang tidak sesuai dengan latar belakangnya, atau presiden salah menempatkan menterinya,” ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat I ini.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News