Platform Tumbuh Makna Tingkatkan Literasi Investasi dan Keuangan untuk Masyarakat

Platform Tumbuh Makna Tingkatkan Literasi Investasi dan Keuangan untuk Masyarakat
Platform diskusi literasi keuangan dan pasar modal di Indonesia, Tumbuh Makna. Foto: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Platform diskusi literasi keuangan dan pasar modal di Indonesia, Tumbuh Makna berupaya memberikan informasi umum tentang pengetahuan investasi dan pemahaman yang mendalam pada sektor keuangan, finansial, dan bisnis.

Founder Tumbuh Makna Muliadi San mengatakan hadirnya Tumbuh Makna tidak terlepas dari dorongan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat menerapkan berbagai keterampilan keuangan, seperti manajemen tabungan, membuat penganggaran, pengelolaan uang, dan investasi.

“Sesuai dengan namanya, Tumbuh artinya bertambah besar atau sempurna. Jadi, kami ingin masyarakat bertambah pengetahuan investasinya saat melihat sesi diskusi ini. Kemudian Makna, yang berarti sesuatu hal pasti memiliki maksud yang baik dan mengandung sesuatu," ujar Muliadi pada press conference, Rabu (31/5).

Selain itu, kurangnya pengetahuan dasar tentang investasi, yang berimbas pada ketakutan dan ketidakpercayaan terhadap pasar keuangan juga memberikan motivasi yang besar kepada Tumbuh Makna agar terus mendorong penguatan literasi investasi di tanah air.

Untuk itu, Tumbuh Makna juga hadir dengan di latar belakangi kondisi rendahnya kesadaran masyarakat dalam mengelola keuangan pribadi serta kurangnya pemahaman terkait risiko yang terkandung atas produk-produk investasi keuangan yang seringkali menyebabkan masyarakat terjebak pada dua sisi.

"Di satu sisi ada yang meremehkan risiko yang akhirnya terjebak pada instrumen dengan risiko yang melebihi batas toleransinya," ungkapnya.

Tumbuh Makna juga tergerak untuk dapat membantu gerakan pemerintah untuk membawa masyarakat Indonesia bertransformasi dari saving society menuju investment society.

"Pentingnya pemahaman atas risiko merupakan elemen penyeimbang penting agar kita dapat melahirkan investment society yang dewasa dan bijak dalam mengelola keuangan pribadi dan berinvestasi," kata Muliadi.

Platform diskusi literasi keuangan dan pasar modal di Indonesia, Tumbuh Makna berupaya memberikan informasi umum tentang pengetahuan investasi dan pemahaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News