PLN Aceh Juga Andalkan Genset

PLN Aceh Juga Andalkan Genset
PLN Aceh Juga Andalkan Genset

jpnn.com - BANDA ACEH - Seperti Sumut, wilayah Aceh juga mengalami krisis listrik. Solusi yang diambil pun sama, yakni menyewa genset.

Pihak PT Perusahaan Listrik Negara menyampaikan krisis listrik terjadi di Aceh dalam beberapa waktu terakhir disebabkan berkurangnya pasokan dari pembangkit di Sumatera utara.

Beberapa mesin pembangkit yang dikelola PLN mengalami kerusakan, makanya terjadi pemadaman tidak terencana,” kata General Manager PT PLN (Persero) Aceh, Sulaiman Daud, Senin (23/9).

Selama ini, kebutuhan listrik di Aceh dipasok melalui dua sistem, pertama melalui jaringan interkoneksi Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 252 megawatt (MW) dan kedua adalah melalui pembangkit listrik sistem Isolated yang ada di Provinsi Aceh yaitu 99 MW.

Sementara beban puncak  pemakaian listrik di Provinsi Aceh mencapai 351 MW.”Pelanggan PLN di Aceh sekarang sudah 1,1 juta. Sebanyak 95 di antaranya adalah rumah tangga,” ujarnya.
 
Namun dalam beberapa hari ini, kata Sulaiman Daud, pasokan listrik ke Aceh, khususnya kawasan pantai timur Aceh terkendala, kondisi tersebut dipengaruhi oleh beberapa pembangkit dalam sistem Sumut - Aceh atau Sumbagut harus dilakukan pemeliharaan.
 
“Kondisi mesin sudah tua dan sering terjadi hal diluar dugaan, seperti tiba – tiba harus dipadamkan tanpa adanya pemberitahuan kepada pelanggan. Kalau tidak cepat – cepat diambil sikap, maka akan berdampak pada kerusakan sistem secara keseluruhan,”cetusnya.
 
Dia menerangkan bahwa krisis listrik tidak hanya terjadi di wilayah di Aceh, tapi juga di Sumatera utara hingga Riau. Namun kondisi kelistrikan di Aceh, jauh lebih baik ketimbang di sana, salah satunya, karena di Aceh sudah jauh – jauh hari ditempatkan seratusan lebih generator set atau genset yang disewa PLN.

“Aceh hanya dikurangi sekitar 10 persen. Agustus kemarin di Aceh padam 5 kali dan September ini delapan kali. Ini jauh lebih baik ketimbang di Medan yang padam berulang kali,”cetusnya.

Namun begitu, pihaknya menyatakan tidak tinggal diam dan terus bekerja keras mengatasi persoalan tersebut dan meminta pelanggan dapat memahami dan memakluminya. Persoalan krisis pasokan listrik di Aceh dan Sumut akan secepatnya diatasi, salah satunya PLN mendatangkan genset - genset dengan kapasitas total 150 megawatt (MW).
 
Sementara di Aceh, akan ditempatkan dua genset di gardu induk Idi dan Tualang Cut, Aceh Timur, masing – masing 20 MW dan 10 MW.  “Oktober nanti sudah mulai perbaikan dan kita perkirakan November 2013 nanti sudah mulai pulih,” ujarnya. (sul/sam/jpnn)


BANDA ACEH - Seperti Sumut, wilayah Aceh juga mengalami krisis listrik. Solusi yang diambil pun sama, yakni menyewa genset. Pihak PT Perusahaan Listrik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News