PLN Bangun Tujuh PLTU di Sulmapa

PLN Bangun Tujuh PLTU di Sulmapa
PLN Bangun Tujuh PLTU di Sulmapa
SURABAYA - Untuk memenuhi kebeutuhan masyarakat di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulmapa), PT PLN (Perseros) sedang membangun tujuh buah pembangkit listerik tenaga uap (PLTU), dengan biaya hampir Rp 2 triliun.

       

Dari tujuh PLTU tersebut, yang besar berada di Barru Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan kapasitas 2 x 50 MW. Nilainya hampir Rp 50 miliar. Sedangkan PLTU yang terekecil berada di Tidore, Maluku Utara dengan kapasitas 2 x 7 MW. Nilai kontraknya hampir Rp 130 miliar. Barru ditargetkan selesai pada September 2011.

Di Tidore yang berpenduduk 98 ribu jiwa dan luas 9. 564 km persegi ini untuk menerangi Ternate dan sekitarnya. Dari Tidore ditarik kabel laut ke Ternate dengan jarak beberapa ratus meter. Tidore merupakan proyek yang dimenangkan oleh Consortium of Shandong Machinery I&E Group Corporation dan PT Rekadaya Elektrika (Persero) Tbk, yang ditandatangani sejak 11 Juni 2008.

Namun, pembangunannya sebagian baru serius ditangani mulai 2010 yang lalu. Bahkan Dahlan Iskan, dirut PT PLN menandai pemasangan Turbine 2 dengan memasang salah satu baut tiangnya.

SURABAYA - Untuk memenuhi kebeutuhan masyarakat di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulmapa), PT PLN (Perseros) sedang membangun tujuh buah pembangkit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News