PLN Gaet Pelanggan Baru Industri

PLN Gaet Pelanggan Baru Industri
PLN Gaet Pelanggan Baru Industri
SURABAYA - PLN Distribusi Jawa Timur menargetkan hingga 2012 ada sambungan baru berdaya 1.000 MVA untuk kelompok industri. Target tersebut berdasar daftar tunggu sambungan pelanggan industri 2010 yang mencapai 300 pelanggan. Targetnya, pada 2011 separonya sudah tersambung.

General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jatim Haryanto W.S. mengungkapkan tahun ini pihaknya memiliki program Go Grass (gerakan sehari sejuta sambungan) pelanggan bisnis dan industri sebagai kelanjutan kegiatan serupa yang sukses pada 2010. "Target Go Grass untuk pelanggan industri dan bisnis sampai 2012 ditargetkan 1.000 megawatt (MW). Namun, karena kesiapannya bergantung industri yang bersangkutan, pada 2011 diperkirakan hanya terealisasi 500 MW," katanya.

Dengan program tersebut, para pelaku usaha hanya dikenakan biaya penyambungan standar tanpa perlu Uang Jaminan Langganan (UJL) lagi. "Kecuali bagi mereka yang sudah memiliki kontrak lama dengan PLN sebelum berlakunya tarif dasar listrik terbaru. Untuk mereka masih dikenakan ketentuan sesuai kontrak."

Meski demikian, ada beberapa ketentuan tambahan bagi pelanggan industri dengan daya 20 ribu volt ke atas. Yakni harus memiliki travo sendiri yang merupakan bagian dari instansi listrik mereka. Bahkan, dengan kapasitas 30 ribu volt harus memiliki gardu induk. "Itu investasi dan masuk dalam aset mereka, bukan diserahkan ke PLN," jelas dia. Infrastruktur tersebut merupakan bagian instalasi listrik dari industri pelanggan PLN untuk memenuhi kebutuhan energi mereka.

SURABAYA - PLN Distribusi Jawa Timur menargetkan hingga 2012 ada sambungan baru berdaya 1.000 MVA untuk kelompok industri. Target tersebut berdasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News