PLN Gandeng CPSI untuk Pembelian Komponen Switchgear

PLN Gandeng CPSI untuk Pembelian Komponen Switchgear
PLN Gandeng CPSI untuk Pembelian Komponen Switchgear

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mendorong peningkatan penggunaan produk-produk dalam negeri, terutama yang menggunakan komponen lokal dalam setiap produksinya.

Salah satu upaya PLN yakni dengan melakukan kerjasama pembelian komponen Switchgear dengan PT Crompton Prima Switchgear Indonesia (CPSI), sebuah perusahaan Joint Venture yang dimiliki bersama oleh PT PLN Enjiniring, dengan Crompton Greaves Limited, sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dari India.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dan Presiden Direktur CPSI, Srinivasan M.S di Kantor Pusat PLN, Jakarta.

"Crompton bergerak dibidang produksi peralatan ketenagalistrikan. Jangka kerjasama ini selama lima tahun," ujar Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/6).

PLN kata Nur, akan membeli produk-produk yang nantinya akan dihasilkan oleh pabrik komponen Switchgear yang dimiliki oleh CPSI. Sehingga, dalam lima tahun ke depan, diharapkan Indonesia menjadi lebih mandiri karena sudah mampu memproduksi switchgear

"Ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk mendorong tumbuhnya industri manufaktur dalam negeri yang tentunya akan membuka lapangan kerja baru. CPSI diharapkan mampu memproduksi komponen switchgear yang dibutuhkan dalam menunjang pembangunan infrastruktur kelistrikan di Indonesia," harapnya.
 
Sementara, Srinivasan menjelaskan bahwa pihaknya mengeluarkan dana investasi sebesar 23 juta USD untuk membangun pabrik switchgear, yang diperkirakan akan mulai berproduksi pada akhir tahun 2015 nanti.

“Kami memulai tahapan pembangunan pabrik di akhir tahun 2014 ini, dan diperkirakan di akhir 2015 nanti pabrik kami sudah dapat memproduksi komponen switchgear," tandas Srinivasan. (chi/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Rupiah Semakin Tertekan

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mendorong peningkatan penggunaan produk-produk dalam negeri, terutama yang menggunakan komponen


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News