PLN Operasikan Pembangkit Baru

PLBG Talang Duku dan PLTMG Sei Gelam

PLN Operasikan Pembangkit Baru
PLN Operasikan Pembangkit Baru
PALEMBANG - Kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) akan semakin tangguh, baik dari sisi pasokan maupun kualitas keandalannya. Hal ini menyusul beroperasinya pembangkit Tenaga Listrik Bahan Bakar Gas (PLBG)  Talang Duku berkapasitas 60 Megawatt, dan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Gas (PLTMG) Sei Gelam Jambi sebesar 12 MW.

Pengoperasian kedua pembangkit listrik yang mengandalkan energi gas itu, diresmikan Direktur Operasi PLN Indonesia Barat Harry Jaya Pahlawan di lokasi PLTG Talang Duku terletak di Kabupaten Musi Banyu Asin, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (18/10).

"Pengoperasian ini selain bertujuan untuk memperkuat keandalan dan ketangguhan pasokan listrik di wilayah Sumatera khususnya Sumbagsel, juga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi listrik yang terus meningkat di wilayah tersebut," ujar Harry.

Kemudian yang tak kalah pentingnya lagi, kata Harry, PLBG itu dapat mengurangi ketergantungan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang biayanya jauh lebih mahal. " Diperkirakan  potensi penghematan pemakaian BBM bisa mencapai 134 juta liter per tahunnya, atau setara dengan Rp 1,2 triliun," terang dia.

PALEMBANG - Kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) akan semakin tangguh, baik dari sisi pasokan maupun kualitas keandalannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News