PLN Operasikan Trafo Interbus di Gandul

PLN Operasikan Trafo Interbus di Gandul
PLN meresmikan trafo baru di Gitet Gandul-Cinere. Peresmian dilakukan oleh Ngurah Adnyana Direktur Operasi Jawa Bali yang didampingi oleh Moch. Harry Jaya Pahlawan Direktur Operasi Indonesia Barat dan Nasri Sebayang Direktur Perencanaan dan Teknologi PLN. FOTO : ARUN/JPNN
JAKARTA - Untuk mengamankan sistem kelistrikan di Jakarta dan sekitarnya, PT PLN (Persero) mengoperasikan trafo interbus (Interbus Transformer/IBT) 500/150 kV dengan kapasitas 500 Mega Volt Ampere (MVA), yang baru dipasang di gardu induk tegangan ekstra tinggi (GITET) Gandul-Cinere.

"Dengan beroperasinya trafo IBT ini, juga berpotensi mengurangi penggunaan BBM di PLTGU Muara Karang hingga 15 ribu kilo liter per bulan, dengan nilai penghematan diperkirakan mencapai Rp 50,4 miliar," ungkap Direktur Operasi (Dirop) Jawa-Bali PT PLN, Ngurah Adnyana, dalam peresmian pengoperasian trafo IBT di Gandul-Cinere, Selasa (14/12).

Di samping itu, lanjut Adnyana, dengan beroperasinya trafo IBT ini, juga tentunya akan lebih meningkatkan sekuriti suplai listrik pada sistem Jawa-Bali, khususnya Jakarta. "Sekaligus juga, meningkatkan fleksibilitas manuver beban dengan sub-sistem lain pada sistem Jawa-Bali, jika terjadi gangguan," ungkapnya.

"Dengan tambahan tersebut, maka sistem kelistrikan Jawa-Bali yang telah terinterkoneksi melalui saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500 kV ini, akan semakin andal dengan cadangan daya yang cukup, dan mampu memenuhi permintaan masyarakat akan listrik," tambahnya.

JAKARTA - Untuk mengamankan sistem kelistrikan di Jakarta dan sekitarnya, PT PLN (Persero) mengoperasikan trafo interbus (Interbus Transformer/IBT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News