PLTA Asahan Beroperasi, Sumut Kelebihan Energi

PLTA Asahan Beroperasi, Sumut Kelebihan Energi
PLTA Asahan Beroperasi, Sumut Kelebihan Energi
JAKARTA - Sistem kelistrikan wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) khususnya Sumatera Utara dan sekitarnya akan semakin kuat. Hal ini seiring dengan telah beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan 1 berkapasitas 2 x 90 MW

Pengoperasian PLTA Asahan 1 yang terletak di TB Silalahi Centre Soposurung, Balige Sumatera Utara itu diresmikan oleh  Presiden R I Susilo Bambang Yudhoyono, hari ini (18/1). "Dengan beroperasinya PLTA Asahan I berkapsitas 2x90 MW ini, maka pasokan listrik di Medan dan sekitarnya dan juga sistim kelistrikan Sumbagut secara umum akan semakin kuat," ucap Manajer Senior Komunikasi Korporat  PT PLN, Bambang Dwiyanto melalui siaran persnya, Selasa (18/1).

Selain peresmian pengoperasian PLTA Asahan I tersebut, Presiden SBY juga meresmikan beroperasinya Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Simangkuk. Menurut Bambang, sistim kelistrikan Sumbagut dipasok dari sejumlah pembangkit yang telah tersedia dengan realisasi daya rata-rata sekitar 1.517 MW. Sementara kondisi beban puncak (peak load) sebesar 1.365 MW. 

"Jadi dengan tambahan daya dari PLTA Asahan I ini, maka cadangan daya akan semakin besar dan ini sangat signifikan untuk meningkatkan mutu dan keandalan pasokan listrik," imbuhnya.

JAKARTA - Sistem kelistrikan wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) khususnya Sumatera Utara dan sekitarnya akan semakin kuat. Hal ini seiring

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News