PLTA Kayan Hydro Energy Bakal Memasok Listrik ke KIPI

PLTA Kayan Hydro Energy Bakal Memasok Listrik ke KIPI
Ilustrasi. Pembangkit listrik. Foto dok PLN

jpnn.com - Presiden Joko Widodo sudah meninjau lewat udara lokasi pembangunan PLTA Kayan Hydro Energy di Kecamatan Peso, Bulungan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12). Presiden terbang dari Bandara Juwata menggunakan heli kepresidenan ditemani sejumlah menteri dan Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie.

Gubernur Irianto Lambrie mengatakan, Presiden Jokowi antusias dengan progres pembangunan proyek PLTA Kayan Hydro Energy ini. Bahkan, Presiden Jokowi juga meninjau lokasi titik pembangunan Bendungan II PLTA Kayan Hydro Energy. Padahal di dalam jadwal, presiden direncanakan cuma melihat titik pembangunan Bendungan I PLTA Kayan Hydro Enegy.

"Setelah dari lapangan tadi, setelah beliau (Presiden) melakukan kunjungan dengan heli dari udara, beliau sangat antusias, dan senang karena ada progres dari lapangan," kata Irianto, Jumat (19/12).

"Presiden berpesan akan memonitor proyek PLTA Kayan Hydro Energy. Bahkan, saat kunjungan udara tadi, beliau minta kepada rombongan untuk diantar ke titik Bendungan II. Itu di luar dari schedule peninjauan beliau," sambung Irianto.

Gubernur Irianto menambahkan, Presiden menegaskan, manfaat dari pembangunan PLTA ini akan sangat besar sekali. Tak hanya untuk kesejahteraan masyarakat Kaltara. Namun juga bangsa Indonesia. Karena PLTA ini akan terintegrasi dengan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning.

"Pak Jokowi bilang, ini (PLTA) pengaruhnya akan sangat besar sekali. Besar sekali. Untuk itu beliau minta untuk ada percepetan dimulainya pembangunan,” kata Irianto.

Irianto mengatakan, dimulainya pembangunan konstruksi bendungan tinggal menunggu keluarnya izin konstruksi dari Kementerian PUPR. Kata Irianto, presiden sudah memerintahkan kepada Menteri PUPR untuk membantu percepatan keluarnya izin.

"Insya Allah 2020 sudah bisa dimulai,” tegasnya.

Presiden Joko Widodo sudah meninjau lewat udara lokasi pembangunan PLTA Kayan Hydro Energy di Kecamatan Peso, Bulungan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News