PLTG Jakabaring Siap Diresmikan

PLTG Jakabaring Siap Diresmikan
PLTG Jakabaring Siap Diresmikan
PALEMBANG – Pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) dengan bahan bakar gas alam terkompresi atau compressed natural gas (CNG) pertama di Indonesia yang berlokasi di Jakabaring, akan diresmikan 16 April mendatang. Ini diungkap Kepala Biro (Karo) Perekonomian Pemprov Sumsel, Muhar Lakoni SE MSi, usai rapat tertutup di kantor Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE), Kamis (28/3).

”Ini tentu akan menjadi even bersejarah, mengingat baru pertama kali ada pembangkit berbahan baku CNG," ujarnya. Menurutnya, ini inovasi terbaru di Sumsel untuk membantu PLN mengurangi masalah kelistrikan. Juga dalam upaya mengurangi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) untuk pengadaan listrik.

Menurut Muhar, pembangunan PLTG ini bertujuan mengatasi masalah kelistrikan di Sumsel, khususnya Metropolis ketika beban puncak. "Jadi kalau bisa, mati lampu itu terpaksa karena memang benar-benar ada kerusakan yang sangat fatal. Jangan sampai kita kalah dengan Singapura, yang katanya tidak pernah mati lampu," imbuhnya.

Diketahui, pada November 2012 lalu, Menteri BUMN Dahlan Iskan meninjau lokasi PLTG CNG di Jakabaring ini. Diakuinya, pembangkit berbahan bakar CNG itu merupakan yang pertama di Indonesia. ”Diharapkan ke depan dapat dikembangkan sehingga mengurangi beban biaya operasional PLN," katanya saat itu.

PALEMBANG – Pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) dengan bahan bakar gas alam terkompresi atau compressed natural gas (CNG) pertama di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News