PM Jepang Lulus Ujian Kepemimpinan

Terpilih sebagai Ketua DPJ

PM Jepang Lulus Ujian Kepemimpinan
PM Jepang Lulus Ujian Kepemimpinan
TOKYO - Perdana Menteri (PM) Jepang, Naoto Kan, sukses menunjukkan kekuatan politiknya. Selasa (14/9) kemarin, pemimpin berusia 63 tahun itu menjadi pemenang dalam pemilihan Ketua Partai Demokratik Jepang (DPJ). Dia mengungguli pesaingnya, Ichiro Ozawa, dengan selisih poin yang cukup telak, yakni 230.

Pemungutan suara yang digelar di markas DPJ kemarin memberikan hasil 721-491. Di luar dugaan, Kan bisa dengan mudah menaklukkan Ozawa yang lebih dulu berkiprah di partai tersebut. Padahal sebelumnya, pemungutan suara diprediksi akan berlangsung ketat. Para pakar politik Jepang meramalkan, selisih perolehan suara dua politikus senior tersebut tidak akan terlalu banyak.

"Seperti yang sudah saya janjikan, saya tidak berpihak," tandas Kan di hadapan politisi DPJ, seperti dikutip Agence France-Presse.

Kan lantas mengimbau seluruh anggota partai untuk tetap bersatu, tanpa mengungkit kembali keberpihakan mereka kepada Kan atau Ozawa. Kali pertama pertarungan dua tokoh itu mencuat, DPJ sempat terbelah. Maklum, dua kandidat yang membidik kursi ketua partai sama-sama berpengaruh dan punya banyak pendukung.

TOKYO - Perdana Menteri (PM) Jepang, Naoto Kan, sukses menunjukkan kekuatan politiknya. Selasa (14/9) kemarin, pemimpin berusia 63 tahun itu menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News