Gillard Resmi PM, Kevin Rudd jadi Menlu

Gillard Resmi PM, Kevin Rudd jadi Menlu
Gillard Resmi PM, Kevin Rudd jadi Menlu
CANBERRA - Setelah berhasil menyusun pemerintahan koalisinya, Perdana Menteri (PM) Julia Gillard resmi naik ke tampuk kekuasaan. Pemimpin wanita pertama Australia tersebut dilantik Selasa (14/9) kemarin, di tengah analisis lemahnya koalisi dengan Partai Hijau, setelah popularitasnya terus menurun.

Mantan pengacara industrial berusia 48 tahun tersebut dilantik untuk kali kedua, hanya dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan. Sebelumnya, dia menjabat Perdana Menteri ad interim setelah melengserkan mantan bosnya, Kevin Rudd.

"Saya, Julia Eileen Gillard, bersumpah akan serius dan bersungguh-sungguh bakal setia melayani Negara Persemakmuran Australia sebagai Perdana Menteri," serunya bersumpah, di depan Gubernur Jenderal Quentin Bryce, seperti dilansir Agence France-Presse.

Gillard kembali menduduki kursi PM dengan dukungan Partai Hijau dan tiga anggota parlemen independen, setelah pemilu 21 Agustus menghasilkan hung parliament. Saat itu, tidak ada pemenang mutlak yang berhak menyusun pemerintahan sendiri, yang merupakan kali pertamanya sejak 70 tahun terakhir.

CANBERRA - Setelah berhasil menyusun pemerintahan koalisinya, Perdana Menteri (PM) Julia Gillard resmi naik ke tampuk kekuasaan. Pemimpin wanita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News