PMI Banyuwangi Obati 2000 Pasien Penyakit Mata, Gratis!

PMI Banyuwangi Obati 2000 Pasien Penyakit Mata, Gratis!
Ketua PMI Banyuwangi dr Mufti Anam menyiapkan kelengkapan pasien sebelum ditangani. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi, Dinas Kesehatan, dan John Fawcett Foundation bersinergi menggelar pemeriksaan mata secara gratis terhadap 2.000 pasien.

”Pemeriksaan mata ini kami laksanakan selama empat hari. Hari pertama dan kedua 750 pasien, hari ketiga 500 pasien dan hari keempat akan dilakukan pemeriksaan keliling di sekolah-sekolah,” ujar Ketua PMI Banyuwangi dr. Mufti Aimah Nurul Anam, saat pembukaan kegiatan tersebut di markas PMI Banyuwangi.

Selain pemeriksaan, akan dilakukan operasi katarak dan pemasangan bola mata palsu kepada 200 pasien. “Untuk operasi dilakukan selama lima hari dengan mendatangkan lima dokter spesial mata. Semoga ini membantu, karena jika tak ditangani, katarak bisa berujung kebutaan,” kata dr. Anam.

Dia mengatakan, operasi katarak digelar karena penyakit yang membuat lensa mata menjadi keruh dan mengaburkan penglihatan tersebut selama ini masih menjadi problem bagi dunia kesehatan Indonesia.

Data Kementerian Kesehatan menyebutkan, 50 persen kebutaan di Indonesia ini disebabkan oleh katarak. Tiap tahun ada penambahan sekitar 250.000 orang yang menderita katarak di seluruh Indonesia. Padahal, dalam setahun, kasus yang tertangani tak lebih dari 180.000 penderita. Jadi ada 70.000 penderita yang belum tertangani setiap tahunnya.

Anam menambahkan, tingginya jumlah penderita katarak juga tidak sebanding dengan jumlah dokter mata yang bertugas di Indonesia yang hanya sekitar 1.100 dokter.

”Maka kalau dicek di banyak rumah sakit, dalam seminggu, penanganan terhadap katarak hanya bisa menjangkau tak lebih dari 30 pasien,” ujarnya.

”Meski sebenarnya ini di-cover BPJS, besarnya jumlah penderita dan minimnya akses informasi membuat tak semuanya tertangani dengan baik. Maka kami berinisiatif membantu pemerintah menangani kesehatan mata warga, termasuk penderita katarak,” imbuh dr Anam.

Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi, Dinas Kesehatan, dan John Fawcett Foundation bersinergi menggelar pemeriksaan mata secara gratis terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News