PMI Berlatih secara Militer di Kopassus

PMI Berlatih secara Militer di Kopassus
PMI Berlatih secara Militer di Kopassus
BATUJAJAR - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) bertekad menjadikan organisasi yang dipimpinnya mandiri. Dia tidak ingin bergantung kepada pihak lain, apalagi luar negeri, dalam mengatasi bencana kemanusiaan di dalam negeri. Untuk menempa kemampuan anggota PMI, JK menggelar latihan di markas Pusdiklat Kopassus Batujajar, Bandung Barat.

"Dalam mengatasi bencana alam, gempa bumi, banjir, dan tsunami, kita (PMI) jangan selalu berharap dan bergantung kepada negara lain, tapi harus berusaha semaksimal mungkin menangani dengan kemampuan sendiri," kata JK di sela-sela penutupan pelatihan itu kemarin (7/6).

Menurut dia, pengalaman memberikan pelajaran bahwa dalam penanggulangan bencana, kemampuan skill dan fisik di lapangan harus kuat. Karena itu, relawan Satgana PMI harus dibekali ilmu lapangan, yang salah satunya adalah pelatihan kemampuan militer.

"Bukan berarti akan menjadikan Satgana seperti militer, tapi pembekalan ilmu militer. Sebab, kemampuan militer adalah kemampuan terbaik untuk mengatasi berbagai medan bencana alam, baik bencana alam maupun konflik," jelasnya.

BATUJAJAR - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) bertekad menjadikan organisasi yang dipimpinnya mandiri. Dia tidak ingin bergantung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News