SBY Dipakai Jadi Nama Keris

SBY Dipakai Jadi Nama Keris
SBY Dipakai Jadi Nama Keris
JAKARTA - Karakter presiden SBY menginspirasi empu dan seniman keris. Sebuah keris khusus dibuat dengan nama Kanjeng Kyahi Yudhoyono. Keris bertangguh kamardikan ( setelah 1945) itu dipamerkan di pameran Keris For The World di Galeri Nasional Jakarta hingga hari ini ( 8/6).

Seniman Hardi yang merancang keris itu menyebut SBY mempunyai karakter yang pas untuk dijadikan dasar pembuatan keris. "Kanjeng Kyai Yudhoyono ini pamornya samudera sabar, karena SBY sabar meski dikritik banyak orang," katanya saat ditemui di sela-sela pameran kemarin.

Pamor merupakan hiasan, motif, atau ornamen yang terdapat pada bilah keris. Hiasan ini dibentuk tidak dengan diukir, diserasah (inlay), atau dilapis, tetapi dengan teknik tempaan yang menyatukan beberapa unsur logam berlainan. Teknik tempa senjata berpamor ini merupakan keahlian khas Indonesia, terutama di Jawa. Dalam bilah keris berdapur ( bentuk) panji nom (lurus) itu ada bentuk kepala orang di bagian ganja ( dekat tangkai).

Menurut Hardi, keris itu dibuat selama dua bulan. Dia berharap keris Yudhoyono mampu mengilhami seniman lain menyikapi suasana politik Indonesia. "Seniman keris itu tidak berpolitik tapi peduli pada suasana kebatinan bangsa ini," katanya.

JAKARTA - Karakter presiden SBY menginspirasi empu dan seniman keris. Sebuah keris khusus dibuat dengan nama Kanjeng Kyahi Yudhoyono. Keris bertangguh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News