PNS Tak Bisa Abaikan Teknologi Informasi Lagi

PNS Tak Bisa Abaikan Teknologi Informasi Lagi
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA – Keberadaan teknologi informasi (TI) saat ini sudah tidak bisa terhindarkan lagi pada kehidupan sehari-hari. Siapa pun orangnya, tak terkecuali para Pegawai Negeri Sipil (PNS) terutama di kota, sangat mengandalkan perangkat TI.

Contoh sederhananya adalah mengandalkan satu smartphone untuk berbagai kebutuhan pribadi maupun kerja. Apalagi Pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini sudah menerapkan aplikasi e-Government, sebuah sistem digital yang memudahkan proses administrasi pemerintahan.

Bagi Kepala Bagian Humas dan Advokasi Hukum Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sudarmono S.Sos, hampir semua aparatur negara di sekelilingnya sangat bergantung kepada smartphone. Sebab, komunikasi di kalangan pegawai kementerian itu tidak bisa dilepaskan dari perangkat tersebut.

Mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter maupun WhatsApp adalah cara mudah mereka mengomunikasikan pekerjaan. Pria yang sudah malang melintang di dunia kehumasan itu menegaskan, penggunaan smartphone di kalangan pegawai negeri sipil bukan lagi sebagai gaya hidup.

Perangkat tersebut memang merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar. Sebab, menjadi perangkat kerja mereka.

Dia mencontohkan, untuk memudahkan koordinasi pekerjaan, kalangan aparatur negara memanfaatkan grup WhatsApp. Seorang pimpinan, misalnya bisa memerintahkan bawahan atau stafnya dari manapun mereka berada melalui fasilitas itu.

Sedangkan, bawahannya bisa melaporkan hasi pekerjaannya menggunakan fasilitas yang sama. Semua bisa terjadi dalam hitungan menit bahkan detik.

Akibatnya adalah mempercepat penyelesaian suatu pekerjaan. “Itulah yang saya lakukan setiap hari untuk memudahkan pekerjaan,” Kata Sudarmono.

JAKARTA – Keberadaan teknologi informasi (TI) saat ini sudah tidak bisa terhindarkan lagi pada kehidupan sehari-hari. Siapa pun orangnya, tak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News