Polandia: Bukan Sekadar Cari Kemenangan

Polandia: Bukan Sekadar Cari Kemenangan
Polandia menargetkan bisa lolos dari fase grup. FOTO: AFP

jpnn.com - UNTUK ketiga kalinya secara beruntun Polandia berhasil tampil di putaran final Euro. Tapi, prestasi mereka di Euro tak sebaik di Piala Dunia. 

Sepanjang tampil di putaran final Piala Dunia, Polandia mampu meraih peringkat ketiga dua kali pada 1974 dan 1982. Namun, di Euro, jangankan lolos dari fase grup, meraih kemenangan pun belum pernah dilakukan. 

Di Euro 2008 dan 2012, Polandia harus puas berada di posisi juru kunci tanpa bisa meraih kemenangan. 

Meski begitu, di Euro 2016 ini target Polandia tak sekadar mencari kemenangan perdana sepanjang keikutsertaan di putaran final Euro. Lebih dari itu, Robert Lewandowski cs menargetkan bisa lolos dari fase grup. 

Ambisi itu tak terlalu berlebihan. Meski berada satu grup dengan Jerman, Ukraina, dan Irlandia Utara, Adam Nawalka selaku ahli strategi yakin Polandia bisa meraih satu tiket ke babak selanjutnya. 

Maklum saja, kepercayaan diri skuat Polandia tengah meninggi. Terlebih, mereka lolos ke Prancis tanpa harus melewati babak play-off. Selain itu, perjalanan menuju ke Prancis ditandai dengan kemenangan bersejarah 2-0 atas Jerman di kualifikasi. Itu menjadi kemenangan pertama Polandia atas Jerman dalam 19 pertemuan. 

Mengandalkan sejumlah pemain yang berlaga di sejumlah liga elite Eropa seperti Lewandowski (Bayern Muenchen), Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund), Grzegorz Krychowiak (Sevilla), dan Arkadiusz Milik (FC Ajax), Polandia siap mengejutkan di Euro 2016. (epr/JPNN)

Tahukah Anda? 
Robert Lewandowski tercatat sebagai top skorer Kualifikasi Euro 2016 dengan 13 gol. Dia menyamai pencapaian striker Irlandia Utara, David Healy, yang juga mengemas 13 gol pada Kualifikasi Euro 2008. 

UNTUK ketiga kalinya secara beruntun Polandia berhasil tampil di putaran final Euro. Tapi, prestasi mereka di Euro tak sebaik di Piala Dunia. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News