Polda Metro Tangkap Tiga Pembobol ATM Nasabah di Jaktim

Polda Metro Tangkap Tiga Pembobol ATM Nasabah di Jaktim
Raden Prabowo Argo Yuwono. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komplotan pembobol dana nasabah bank bermodus kartu ATM nyangkut berhasil diringkus Polda Metro Jaya.

Pelaku yang berjumlah tiga orang beraksi dengan cara lama yakni menempelkan nomor telepon call center palsu pada mesin ATM.

Ketiga pelaku adalah Zainal Arifin, Darlan, dan Lilis Seprica.

"Pelaku ditangkap awal Oktober lalu di dua tempat berbeda yakni di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat dan Mall Arion, Rawamangun, Jakarta Timur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa (6/11).

Selain meletakan nomor call center palsu, pelaku juga memasang jebakan di mulut mesin ATM menggunakan biji plastik yang sudah dimodifikasi sehingga menahan kartu yang akan dimasukkan oleh korban.

"Kalau kartunya terganjal, maka tidak bisa digunakan dan dikeluarkan. Lalu korban menghubungi nomor call center palsu yang ditempel pelaku,” ujar Argo.

Lalu tersangka yang berpura-pura menjadi petugas call center meminta data dari kartu tersebut beserta pin ATM-nya untuk konfirmasi.

Setelah itu, korban pun meninggalkan lokasi dan dua pelaku lain yang berperan sebagai eksekutor datang untuk menguras uang dalam kartu ATM korbannya.

Komplotan pembobol dana nasabah bank bermodus kartu ATM nyangkut berhasil diringkus Polda Metro Jaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News