Polisi Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Pembunuhan Sadis Wanita PNS Dicor Semen

Polisi Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Pembunuhan Sadis Wanita PNS Dicor Semen
Tersangka Nopi dan Amir (DPO) diperankan oleh peran pengganti saat reka ulang kasus pembunuhan. Foto: edho/sumeks.co

jpnn.com, PALEMBANG - Polda Sumsel menggelar rekonstruksi ulang kasus pembunuhan sadis terhadap Apriyanita, 59, PNS yang ditemukan tidak bernyawa dikubur dengan cara dicor semen pada Oktober 2019 silam, Senin (18/10) siang.

Tim penyidik Unit 1 Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum menghadirkan langsung tersangka Ichnation Novari alias Nopi, 59, warga Rama Kasih VI, Kelurahan 5 Ilir, Kecamatan IT II, Palembang dan dua peran pengganti yakni Amir (DPO) dan pelaku utama Yudi.

“Sebelumnya rekonstruksi yang pertama ada sebanyak 18 adegan pada bulan Desember 2019 lalu. rekonstruksi yang kami gelar hari ini adalah jilid kedua dengan 12 adegan. Jadi total seluruhnya sebanyak 30 adegan,” terang Kasubdit 3 Jatanras Kompol CS Panjaitan didampingi Kanit 1 AKP Willy Oscar, Senin (18/10).

Rekonstruksi jilid II ini dilakukan di halaman lapangan latihan menembak Polda Sumsel. Diketahui, tersangka Nopi merupakan otak pelaku pembunuhan terhadap korban Apriyanita.

Sehari-harinya, tersangka Nopi salah satu penggali kubur di TPU Kandang Kawat, Palembang. Hampir dua tahun menjadi DPO Jatanras Polda Sumsel setelah melarikan diri dari Palembang usai kejadian.

Sedangkan Yudi Thama Redianto, 41, merupakan pelaku utama pembunuhan. Yudi dan M Ilyas Kurniawan, 26, dijatuhi majelis hakmi dengan hukuman pidana penjara seumur hidup dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Palembang, Rabu (27/5/2020) lalu.

Majelis Hakim yang diketuai oleh Adi Prasetyo SH MH menilai kedua terdakwa terbukti bersalah dalam kasus pembunuhan tersebut. Vonis tersebut sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel Murni SH pada persidangan sebelumnya.

Diakui Yudi, motif pembunuhan karena persoalan utang bisnis jual-beli mobil. Namun, Yudi panik saat korban minta uang yang dipinjam sekitar Rp 200 juta.

Polda Sumsel menggelar rekonstruksi ulang kasus pembunuhan sadis terhadap korban Apriyanita, 59, PNS yang ditemukan tidak bernyawa dikubur dengan cara dicor semen pada Oktober 2019 silam, Senin (18/10) siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News