Polisi Kerahkan 2/3 Kekuatan

Polisi Kerahkan 2/3 Kekuatan
Imam Haryatna. Polisi akan mengerahkan 2/3 kekuatannya untuk mengamankan Pemilu. foto: gus/JPNN
JAKARTA – Perintah Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri agar polisi bersiap lebih dini dalam pengamanan pesta demokrasi di Indonesia pada 2009 ini, sebanyak 270 ribu personel polisi akan dikerahkan. ”Ya, pengamanan pemilu sudah ada rencana operasi mantan berada. Kita mengacu pada renop (rencana operasi). Itu sudah siap dan sekarang sudah latihan,” papar Kababinkam Polri Komjen Pol Drs Iman Hariyatna kepada JPNN di Mabes Polri, Rabu (4/2).

Iman juga menyebut, polisi akan mengerahkan 2/3 kekuatan untuk mengamankan Pemilu dan Pilpres 2009. ”Sekitar 270 ribu personel se-Indonesia akan dikerahkan. Mereka turun sepanjang pemilu inti, mulai April nanti kita sudah menggelar 2/3 kekuatan,” tegasnya.

Selain mengamankan di dalam negeri, mantan Kapolda Sumsel itu juga menegaskan bahwa polisi bekerjsama dengan asing/luar negeri dalam mengamankan pemilu dan pilpres di manca negara. ”Di luar negeri otomatis kita juga amankan, bekerjsama dengan pengamanan setempat,” pungkasnya.

Dia menjelaskan Polri akan intensif mengamankan dua pesta demokrasi tersebut/ Polri menyiapkan satuan tugas terpadu yang terdiri dari Pam VVIP (Capres dan Cawapres). Selain itu ada juga Satgas Medical, Satgas Intel, Satgas Tindak, Satgas Gakkum, Satgas Propam, Satgas Preventif, Satgas Rolakhir, dan Satgas Bantuan Operasi. Total petugas yang akan diturunkan sekitar 5.338 personel, juga didukung oleh 350 infrastruktur. Polri juga menyiapkan Pasukan Dalmas dalam rangka mengantisipasi bila terjadi unjuk rasa, baik yang bersifat kooperatif hingga anarkis.(gus/jpnn)

JAKARTA – Perintah Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri agar polisi bersiap lebih dini dalam pengamanan pesta demokrasi di Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News