Polisi: Temuan e-KTP di Pariaman Karena Kelalaian Petugas

Polisi: Temuan e-KTP di Pariaman Karena Kelalaian Petugas
E-KTP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PARIAMAN - Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, kasus temuan seribuan e-KTP di Pariaman, Sumatera Barat, Rabu (12/12) lalu bukan sebuah tindak pidana.

Pasalnya, kejadian itu karena kelalaian petugas kantor dukcapil setempat yang membuang e-KTP tak terpakai sembarangan.

“Kasus di Pariaman seharusnya sudah clear, kemarin kami sudah koordinasi dengan Ditjen Dukcapil bahwa itu adalah kelalaian karyawan dari Dukcapil Pariaman,” kata Dedi.

Menurut dia, e-KTP itu sudah tidak terpakai atau bekas. Sehingga tak bisa digunakan kembali oleh pemiliknya.

“Dari pimpinan dukcapil memerintahkan barang-barang yang sudah tidak digunakan untuk dibuang atau dimusnahkan. Sama karyawannya dikumpulkan, mau dibakar di areal lahan kantor dukcapil tetapi tidak memungkinkan. Jadi, dibawa pulang, naik ke mobil lalu dibuang ke lahan perkebunan orang,” papar dia.

Dedi menerangkan, kejadian itu bukan sebuah tindak pidana dan tidak ada maksud tertentu. Berbeda dengan kasus di Duren Sawit, Jakarta Timur yang ada tindak pidananya. “Kalau yang Duren Sawit itu ada pidananya,” tandas dia. (cuy/jpnn)


Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, kasus temuan seribuan e-KTP di Pariaman, Sumbar, Rabu (12/12) lalu bukan sebuah tindak pidana.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News