Polisi Thailand Tangkap 9 Pelaku Teror Bom

Polisi Thailand Tangkap 9 Pelaku Teror Bom
Tim gegana dikerahkan setelah sejumlah bom meledak di Kota Bangkok, Thailand, Kamis (2/8). Foto: Reuters

jpnn.com, BANGKOK - Pasar Prathunam di Bangkok, Thailand, sempat diamankan kemarin (7/8). Sebuah firebomb yang gagal meledak ditemukan di pasar itu. Firebomb merupakan bahan peledak yang memicu api.

Polisi menduga bahwa itu adalah sisa rangkaian bom yang terjadi Jumat (2/8). Sebab, bentuk dan spesifikasinya serupa. Yaitu, dipicu waktu dan terhubung dengan power bank.

"Alat ini berfungsi. Tapi, api tak bisa menyala karena bom ini disembunyikan di bawah tumpukan baju sehingga tidak ada cukup oksigen untuk memicu kebakaran," ujar salah satu petugas kepolisian yang ikut dalam pengamanan lokasi.

BACA JUGA: Tolak Pemilu, Taliban Ledakkan Bom di Depan Markas Polisi

Enam bom kecil dan enam firebomb sempat meledak di berbagai lokasi di Bangkok pada Jumat lalu bersamaan dengan diselenggarakannya KTT ASEAN. Lokasi bom jauh dari tempat pertemuan para pemimpin Asia Tenggara itu. Salah satu bom berhasil meledak di Prathunam. Pasar pakaian terbesar di Thailand tersebut sempat terbakar meski tidak parah.

Sementara itu, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha mengungkapkan bahwa sembilan tersangka sudah ditangkap. Dua di antaranya adalah pelaku yang diamankan setelah berusaha meletakkan bom di depan Kantor Polisi Pusat di Bangkok. Mereka berasal dari Provinsi Narathiwat, salah satu wilayah dengan populasi muslim Melayu terbesar di Thailand. (sha/c15/dos)


Pasar Prathunam di Bangkok, Thailand, sempat diamankan kemarin (7/8). Sebuah firebomb yang gagal meledak ditemukan di pasar itu. Firebomb merupakan bahan peledak yang memicu api


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News