Polisi Yunani Tangkapi Perusuh

150 Pemuda Ditangkap Pasca Kerusuhan

Polisi Yunani Tangkapi Perusuh
Foto : AP
ATHENA –  Remaja 16 tahun, Alexis Grigoropoulos, yang tewas setelah diterjang timah panas polisi pada Sabtu (06/12), sekaligus penyebab amuk massa di Yunani telah dimakamkan kemarin sore (09/12) pukul 15.00 waktu setempat. Aparat keamanan masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi kerusuhan baru. Amarah massa mulai dingin setelah sehari sebelumnya aksi anarkis masih membara di Thessaloniki dan merembet ke Kota Trikala. 

Hingga kemarin, berdasar laporan BBC, polisi telah menangkap setidaknya 150 demonstran, paling banyak diantaranya adalah kaum opurtunis yang menjarah toko-toko ketika amuk massa terganas dalam beberapa dekade terakhir itu berlangsung. Selama aksi massa itu, pemadam kebakaran bekerja ekstra keras memadamkan kobaran api yang melalap setidaknya 49 bangunan kantor, 47 toko-toko, 14 gedung bank, 20 mobil dan tiga instansi kementrian.

Sasaran serangan massa tak hanya Ibu kota Athena dan Thessaloniki, kota terbesar kedua, tapi juga meluber hingga beberapa kota lainnya, yakni, Patras, Pulau Krat, Larrisa, Loannina di  barat laut Yunani termasuk 10 kota di sepanjang Uni Eropa; semisal London dan Jerman.

Pemerintah sampai dibuat kalang kabut oleh aksi yang dimotori ratusan anak muda berhaluan sayap kiri itu. Pada Senin (08/12), Perdana Menteri, Costas Karamanlis menghelat rapat darurat dengan jajaran kabinet, dilanjutkan Kemarin, Costas bertemu dengan Presiden  Karolos Papoulias dan pemimpin oposisi membahas langkah cermat yang harus diambil. Namun dia menolak membeber langkah resolusi tersebut selain menghimbau agar massa tenang dan berjanji mengusut kasus hingga tuntas.

ATHENA –  Remaja 16 tahun, Alexis Grigoropoulos, yang tewas setelah diterjang timah panas polisi pada Sabtu (06/12), sekaligus penyebab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News