Politikus Gerindra: Ahok Maju Lewat Jalur Independen, Itu Tidak Istimewa

Politikus Gerindra: Ahok Maju Lewat Jalur Independen, Itu Tidak Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama mengisyaratkan bakal maju pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta (Pilgu) DKI tahun 2017 melalui jalur perseorangan alias independen. Langkah pria yang akrab disapa Ahok itu pun dipuji banyak pihak.

Namun Ketua DPP Partai Gerindra, Habiburohman tidak terkesan dengan keberanian Ahok. Menurutnya, tidak ada yang istimewa dari seorang petahana yang maju melalui jalur independen.

“Pengumpulan KTP (kartu tanda penduduk, red) bagi petahanan itu bukan hal luar biasa. Kalau mau menguji (kehebatan) harusnya saat tidak jadi incumben,” kata Habiburohman dalam acara rilis Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) di Jakarta, Rabu (14/10).

Sebagai petahana, lanjut Habib, Ahok bisa menggerakan mesin birokrat di Pemprov DKI. Dengan cara itu, Ahok dapat dengan mudah mengumpulkan  KTP warga yang diperlukan sebagai syarat pendaftaran bagi calon perseorangan.

Bahkan dia meragukan Ahok bisa memenuhi syarat pencalonan tanpa memanfaatkan kekuasaanya sebagai orang nomor 1 di Jakarta. “Seperti disampaikan tadi Ahok dulu (2012) pernah kumpulin KTP untuk nyalon gubernur di Jakarta tapi tidak cukup,” tuturnya.

Lagipula, tambah Habib, maju melalui jalur independen tidak menjamin pemerintahan Ahok bakal bersih dari korupsi. Dia mencontohkan bekas Bupati Lampung Timur dua periode  Satono yang terjerat kasus korupsi APBD.

“Dia (Bupati Lampung Timur, red) pada periode kedua maju dari jalur independen karena merasa tidak butuh partai, tapi sekarang jadi buron gak tau di mana (keberadaanya),” pungkas anak buah Prabowo Subianto ini.(dil/jpnn)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama mengisyaratkan bakal maju pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta (Pilgu) DKI tahun 2017 melalui


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News